Cara Kerja ALU (Arithmatic Logicial Unit) beserta Fungsinya

Bagaimana Cara Kerja ALU, Pengertian, dan Fungsinya - Kalau berbicara tentang komputer, akan selalu ada bagian yang sangat menarik untuk dibahas. Bagian itu adalah ALU. Bagian komputer yang satu ini, kurang banyak yang tahu, padahal bagian ini adalah bagian yang cukup vital pada komputer.

Nah, bagi kalian yang penasaran tentang apa itu ALU, berikut adalah pembahasan mengenai Bagaimana Cara Kerja ALU, Pengertian, dan Fungsinya.

Pengertian ALU

ALU atau Arithmatic Logicial Unit adalah komponen yang terdapat pada sistem komputer dengan tugas melakukan berbagai macam operasi pada komputer yang berkaitan dengan aritmatika dan logika.

Contoh operasi aritmatika dan logika pada operasi komputer, misalnya untuk operasi aritmatika contohnya adalah yang berkaitan dengan perhitungan angka pada komputer yakni penjumlahan dan pengurangan.

Untuk contoh dari logika pada operasi komputer, misalnya gerbang logika AND dan OR. Hampir apa-apa saja yang berkaitan dengan gerbang logika AND dan OR pada sistem komputer ada kaitannya dengan ALU.

Berbicara tentang pengertian ALU, ALU ini sebenarnya berada di dalam CPU. Itulah mengapa, saat ALU mengalami gangguan, biasanya disertai dengan komputer yang langsung non responding. Ini karena letak ALU yang berada di dalam CPU. Komponen ini, berhubungan langsung dengan CPU komputer.

Cara Kerja ALU

Setelah membahas pengertian, bagaimana dengan cara kerja ALU? Penasaran? Berikut adalah pembahasan lengkapnya.

ALU walau letaknya berada di dalam CPU, tetapi untuk melakukan pekerjaannya ALU tidak benar-benar bekerja sama dengan CPU melainkan ALU bekerja sama dengan CU atau Control Unit. Apa itu Control Unit? Control Unit adalah bagian dari CPU yang tugasnnya memberikan arahan terkait semua operasi yang akan dilakukan oleh ALU.

Jadi, cara kerja ALU, bergantung sepenuhnya pada CU. Ketika ada sebuah permintaan untuk melakukan perhitungan, misalnya. Hasil request tadi, terlebih dahulu masuk ke dalam CU, dan nantinya CU akan memberikan arahan kepada ALU sesuai dengan request yang diminta.

Hasil dari ALU berbentuk sebuah register. Register ini adalah hasil dari apa yang di-request atau diminta pada CU, dalam contoh kasus yang diminta adalah untuk melakukan perhitungan.

Selain berbentuk register, hasil kerja ALU juga berbentuk flag. Flag sangat dibutuhkan jika kamu menginginkan informasi seputar kondisi dari prosesor komputer kalian. Apakah prosesor mengalami peluapan atau sebaliknya.

Jadi, sederhananya ALU tidak akan bekerja jika tidak mendapatkan perintah dari CU karena CU yang mengatur dan memberikan arahan kepada ALU.

Fungsi ALU

Ternyata ALU punya cara kerja yang mengesankan, bukan? Lalu bagaimana dengan fungsi ALU? Apa saja yang bisa dilakukan oleh ALU? Berikut adalah pembahasannya.

  • ALU mempunyai fungsi utama yakni menjalankan proses yang bentuknya angka dan juga logika.
  • Menetapkan hasil dari apa yang diperintahkan oleh CU.
  • Membantu CU dalam menjalankan tugas perhitungan aritmatika. Perhitungan aritmatika yang dimaksud adalah ADD dan SUB. Adapun tugas logika yang dimaksud berkaitan dengan AND, OR, SHL, XOR, SHR, dan lain sebagainya.

Secara garis besar, itulah tiga poin fungsi utama dari ALU (Arithmatic Logicial Unit). ALU merupakan salah satu bagian dari mikroprosesor. Tidak heran jika komponen pada komputer yang satu ini jarang diketahui banyak orang. Namun, ALU punya fungsi yang cukup besar.

Nah, itulah tadi pembahasan mengenai Bagaimana Cara Kerja ALU, Pengertian, dan Fungsinya. Cukup mudah bukan? Untuk memahami pengertian ALU, cara kerjanya bagaimana, dan yang terakhir adalah bagaimana fungsi dari ALU. Semoga pembahasan di atas bermanfaat dan dapat menambah pengetahuan kalian seputar dunia komputer.

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url