7 Cara licik Hacker dapat mendapatkan Password Facebook Anda

Cara licik peretas dapat mendapatkan passwork facebook anda - Facebook merupakan social media terbesar yang ada di Indonesia. Dengan adanya facebook kita bisa tetap berhubungan dengan teman dan keluarga. Tapi itu juga bisa membuat Anda lebih rentan terhadap kejahatan. Kok bisa? Akun Anda kemungkinan memiliki banyak sekali data dan koneksi pribadi yang dapat menguntungkan peretas.

Bagaimana Peretas mendapatkan password facebook
Gambar diambil dari Pexel.com

Kali ini saya akan bahas cara peretas bekerja karena Semakin Anda memahami tentang bagaimana seorang peretas dapat mengakses kata sandi Anda, semakin cerdas Anda dalam menjaganya agar tetap aman.

Berikut adalah 7 cara licik yang dapat dilakukan peretas untuk mengakses kata sandi Anda dan cara anda untuk mengatasi nya.

 

1. Email Mencurigakan

Sekarang mungkin anda sudah melakukan pencegahan dengan tidak membuka email palsu. Tapi email palsu telah menjadi jauh lebih canggih daripada dulu. Email palsu mungkin tampak serupa seperti email dari Facebook dan memiliki semua format bahkan sempurna seperti email aslinya. Sangat sulit untuk menentukan apakah itu email palsu.

Ada banyak cara peretas dapat menggunakan email yang mencurigakan untuk mendapatkan akses ke akun Facebook Anda. Cara terbaik untuk menghindari ini adalah dengan menghapus email dan tidak mengklik apa pun di email tersebut. Yang terbaik adalah bahkan tidak membuka email yang mencurigakan.

Jika Facebook ingin menghubungi Anda, mereka akan melakukannya dari akun Facebook Anda. tapi jika Anda mendapatkan email dari "Facebook", alih-alih membuka email, dan anda diminta data pribadi itu merupakan salah satu cara peretas. Intinya jangan percaya email apa pun yang meminta informasi akun, meminta uang, atau mengancam untuk menangguhkan akun Anda.

 

2. Phising

Tujuan dari banyak email palsu adalah phishing. Phishing adalah ketika seseorang meminta informasi pribadi yang dapat mereka gunakan untuk mendapatkan akses ke akun Anda. Cara umum untuk melakukan phishing adalah dengan mengelabui seseorang untuk masuk ke situs palsu.

Beberapa peretas akan membuat situs web palsu yang terlihat sama dengan Facebook. Anda bisa menghindari jebakan ini dengan cara membaca email dengan cermat, seperti tulisan link nya benar. Facebook.com. selain itu sudah jelas penipuan seperti facebbok.com, f4cebook.com, faceb00k.com, dll.

 

3. Fake Facebook Button

Kalo sudah membaca dari atas, sekarang anda sudah tahu untuk tidak mempercayai link palsu, tetapi tombol "suka" dan "bagikan" juga bisa berfungsi menjadi link palsu. Mengklik salah satu tombol ini di situs palsu dapat mengarahkan Anda ke halaman login palsu yang dirancang untuk mencuri informasi Anda.

Jadi ketika anda merasa sudah login pada facebook, lalu anda mengklik tombol “suka” atau “bagikan” dan website membuka tab baru, sudah dipastikan itu adalah link palsu yang digunakan peretas untuk mengambil data anda. Jangan masukan data apapun jika diminta. Karena jika itu facebook asli maka ketika anda menklik tombol tersebut maka akan terjadi pada tab itu sendiri dan tidak akan membuka tab lain.

 

4. Password Spraying

Memang menemukan kata sandi itu sulit. Saking sulitnya dan anda tidak mau ribet mungkin diantara yang membaca ini ada yang menggunakan kata sandi seperti "12345678". Tentu saja, itu ide yang buruk; terlalu mudah ditebak. Tetapi faktanya banyak orang menggunakan kata sandi serupa seperti contoh diatas. Karena itu, banyak peretas mencoba menebak kata sandi.

Cara terbaik membuat kata sandi adalah menggunakan frasa unik, mengganti beberapa huruf dengan angka, dan mengubah kapitalisasi. Dan hindari variasi kata dari nama ID anda. Contoh kata sandi yang bagus, “Jemur4anbasah” disini saya memberikan contoh password yang menggunakan huruf kapita;, campuran angka, dan kata yang tidak akan dipirikan oleh peretas.

 

5. Kata Sandi Serupa

Setelah Anda mendapatkan kata sandi yang bagus, pastikan Anda hanya menggunakannya untuk akun Facebook Anda. Jika Anda menggunakan kata sandi yang sama di mana-mana, Anda membuat diri Anda rentan terhadap kejahatan internet. Beberapa situs tidak mengenkripsi kata sandi dengan benar. Dalam hal ini, peretas kemudian dapat menggunakan email dan kata sandi yang disimpan dalam database untuk mencoba mengakses situs lain seperti Facebook.

Jika Anda memiliki banyak akun yang memerlukan kata sandi, supaya anda tidak lupa, disarankan dicatat di note Pribadi anda yang tidak akan dibuka oleh orang lain.

 

6. Key Logging

Keylogging adalah teknik peretasan yang lebih canggih. Ini membutuhkan program pada perangkat Anda untuk melacak semua yang Anda ketik. Ini dapat memberikan lebih banyak informasi kepada peretas daripada sekadar informasi masuk Facebook Anda. Mereka bahkan bisa mendapatkan informasi kartu kredit menggunakan metode ini. Umumnya, peretas menyembunyikan program ini di perangkat lunak lain. Agar tetap aman, jangan mengunduh apa pun dari sumber yang tidak tepercaya.

 

7. Jaringan Tidak Aman

Bahkan jika Anda memiliki kata sandi terbaik, dan menggunakan komputer paling aman, itu tidak akan membantu jika jaringan yang Anda gunakan tidak aman. Wi-Fi publik sering kali tidak aman. Jaringan yang tidak aman memungkinkan peretas untuk mengintip semua data yang Anda kirim dan terima dari halaman web saat berada di jaringan itu.

Alih-alih menggunakan Wi-Fi gratis untuk mengakses Facebook saat bepergian tapi malah bisa terkena peretasan, masuk menggunakan data seluler masih menjadi cara paling aman ketika bepergian. Ini akan memastikan bahwa data Anda lebih aman.

 

Rangkuman Seluruh Tips

Ketergantungan kita yang semakin besar pada internet berarti kita harus sedikit lebih berhati-hati saat online. Semua informasi keamanan di luar sana bisa sedikit berlebihan. Tapi semuanya bermuara pada beberapa tips sederhana. Gunakan kata sandi unik untuk semua akun Anda. Jangan mengklik tautan apa pun yang tidak Anda percayai (walaupun sepertinya berasal dari Facebook). Jangan mengunduh apa pun kecuali Anda yakin itu aman. Jangan memasukkan informasi sensitif di komputer umum atau di Wi-Fi publik.

Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url