Pengertian Admin Server beserta Tugas dan Tanggung Jawabnya

Beragam Macam Ternyata Seperti ini! Memahami Tugas & Tanggung Jawab Admin Server - Setiap perusahaan pasti memiliki sebuah server yang dikelola oleh seorang admin server yang telah teruji. Pekerjaan tersebut tidaklah semudah yang Anda bayangkan. Pada kesempatan kali ini kita akan membahas mengenai pengertian tugas & tanggung jawab admin server. 

Pengertian Admin Server beserta Tugas dan Tanggung Jawabnya

Bagi Anda yang berminat untuk menjadi seorang admin server, maka hendaklah memahami tugas dan tanggung jawab seorang admin server. Sehingga Anda bisa mempersiapkan diri dengan baik untuk mendaftarkan diri.

Memahami Pengertian Admin, Server Dan Peran Admin Dalam Server

Sebelum membahas mengenai pengertian tugas & tanggung jawab admin server, terlebih dahulu kita akan membahas tentang server.

Server merupakan suatu sistem komputer yang memiliki penyimpanan data sebagai suatu layanan khusus. Data yang disimpan oleh server berupa informasi dan dokumen.

Admin atau administrator merupakan orang yang memiliki tugas untuk mengurusi berbagai hal mengenai administrator. Pada saat ini seorang admin menggunakan komputer sebagai alat untuk mengelola data yang berisi informasi-informasi didalam suatu lembaga atau perusahaan.

Admin server atau administrator server merupakan seseorang yang diberi tanggung jawab untuk mengatur seluruh aktivitas server. Mulai dari pembangunan server, perawatan server dan berbaikan server. Sehingga, menjadi seorang server admin itu bukanlah suatu perkara yang mudah.

Seorang admin server benar-benar dituntut untuk menjaga kinerja server agar dapat bekerja dengan optimal. Dalam sebuah perusahaan, peran admin server sangat dibutuhkan. Di dalam setiap perusahaan tugas seorang admin server pastilah berbeda-beda. Berikut ini rincian tugasnya:

1. Mengenal Tugas-Tugas Dasar Admin Server

Tugas utama yang ditanggung oleh seorang admin server adalah membangun, mengelola, merawat dan memperbaiki server agar performa server selalu baik. Berikut sekilas mengenai tugas tugas admin server yaitu:

  • Mengatasi berbagai permasalah yang terjadi pada server apabila dipertimbangkan akan menyebabkan menurunnya kualitas server.
  • Melakukan back up sebelum melakukan update
  • Selalu siap melakukan upgrade dan perbaikan jika sewaktu-waktu diperlukan oleh server.
  • Menjaga aktivitas jaringan pada perusahaan agar server dapat berjalan dengan optimal.
  • Melakukan troubleshooting atau mengecek masalah jika terdeteksi ada sesuatu yang mencurigakan pada server.
  • Menjaga software pada server agar selalu memiliki basis terbaru atau up to date
  • Menjalin dengan teknologi baru jika dibutuhkan
  • Memonitoring jaringan
  • Memanajemen pengguna server dengan detail. Contohnya adalah di dalam masalah menambah dan menghapus pengguna yang telah non aktif menggunakan server.

2. Tanggung Jawab Admin Server

Menjadi seorang admin server membutuhkan skil yang mumpuni. Pasalnya tugas yang diemban begitu beresiko, setelah berhasil membuat server seorang admin server juga memiliki tanggung jawab penuh terhadap server. Berikut beberapa tanggung jawab seorang admin server:

  • Security (Keamanan): Mencegah pelanggaran keamanan server dari niat atau suatu percobaan yang jahat. Selalu melindungi komputer dalam jaringan dan memastikan data harus terproteksi dari pihak yang tidak memiliki hak.
  • User Administration (manajemen user), membuat, mengurus dan menghapus account.
  • Troubleshooting (mengatasi masalah), tanggap dengan permasalahan yang terjadi dalam jaringan. Selalu menjaga aktivitas jaringan dan bertanggung jawab dengan jaringan agar tetap berjalan dengan baik.
  • Mem-Backup data, seorang admin server wajib melakukan back up data pada file-file yang ada di dalam server dan juga mengantisipasi terhadap stressor-stressor yang kemungkinan akan mengganggu jaringan sistem server.

Menjadi seorang admin server memang membuat otak semakin terpacu untuk berfikir cerdas. Berdasarkan ulasan di atas, sekarang Anda telah mengetahui pengertian tugas & tanggung jawab admin server secara jelas dan gamblang.

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url