Pengertian Serta Perbedaan CPU Dan GPU Pada Komputer

Pengertian Serta Perbedaan CPU Dan GPU Pada Komputer - CPU dan GPU merupakan istilah yang ada pada sebuah komputer, dan termasuk dalam hardware yang membantu kerja sebuah komputer. CPU dan GPU memiliki beberapa perbedaan, perbedaan CPU dan GPU pada komputer bisa dilihat dari fungsi serta manfaatnya.

Pengertian Serta Perbedaan CPU Dan GPU Pada Komputer

Bisa dikatakan bahwa CPU dan GPU merupakan komponen yang sangat berbeda hanya memiliki nama yang mirip saja. Karena hal tersebut terkadang orang sulit membedakan dan menyamakan komponen CPU dengan komponen GPU pada pada perangkat komputernya.

Apa itu CPU dan GPU?

CPU adalah kepanjangan singkatan dari Central Processing Unit, sedangkan GPU adalah singkatan dari Grapichs Processing Unit. Dari kepanjangannya sudah terlihat bahwa kedua komponen ini memiliki fokus yang berbeda.

CPU sering dikatakan sebagai sebuah otak dari pada perangkat komputer, ringkasnya CPU adalah penggerak dan central utama sistem kerja dari komputer. Jika di dalam komputer tidak ada CPU maka komputer tersebut tidak bisa berjalan dengan baik.

Ada beberapa perusahaan besar yang memproduksi CPU dan berfokus pada pembuatan CPU komputer maupun perangkat ponsel. Diantaranya yang terkenal seperti AMD, Intel, IBM, Apple dan lain sebagainya.

Sedangkan GPU merupakan komponen yang berfokus pada tampilan grafis komputer, dan berfungsi untuk melakukan proses pada penampilan grafis. Jika tidak ada GPU pada komputer maka komputer tersebut tidak akan menampilkan gambar.

Ada sebuah perusahaan besar yang melakukan produksi pada GPU dan telah menguasai pasar GPU di dunia yaitu Nvidia. Selain terkenal sebagai produsen terbesar, GPU Nvidia juga memiliki kualitas terbaik dengan berbagai inovasi pembaharuan rutin.

Apa Perbedaan CPU dan GPU Pada Komputer?

CPU dan GPU dapat bekerja sama dalam bekerja untuk memaksimal performa komputer, kedua komponen ini saling melengkapi satu sama lain. Namun CPU dan GPU memiliki cakupan pekerjaan yang berbeda, CPU memiliki cakupan kerja yang lebih luas.

Berikut ini beberapa perbedaan CPU dan GPU:

1. Kinerja 

CPU mempunyai kinerja yang kuat karena didesain agar mampu melakukan berbagai pengolahan instruksi yang dilakukan oleh komputer. Selain itu CPU juga dituntut agar bisa melakukan kinerja maksimal ketika komputer melakukan pekerjaan multitasking.

Misalnya seperti ketika membuka browser sembari mendengarkan podcast atau melakukan transfer data secara bersamaan. Jika tidak didukung dengan kinerja CPU yang baik maka hal tersebut akan sulit dilakukan oleh komputer.

Sementara GPU komputer lebih berfokus pada kinerja untuk mengelola grafis dan meningkatkan kualitas grafis untuk penggunanya. Contohnya ketika bermain game 3D, GPU akan bekerja untuk melakukan render pada grafis game agar menghasilkan tampilan 3D yang maksimal.

2. Arsitektur Fisik

Bentuk fisik dan desain CPU dengan GPU juga berbeda, sekilas terlihat sama karena menggunakan bentuk microchip namun berbeda. CPU tersusun atas elektronik yang diintegrasikan pada piringan persegi.

Sementara komponen GPU juga menyerupai CPU yaitu terdiri dari komponen elektronik yang ditanamkan pada microchip. Namun memiliki core atau inti yang lebih sedikit dibandingkan dengan CPU, selain itu desain GPU biasanya juga berbeda dari CPU.

CPU dan GPU memang sekilas terlihat mirip namun dibuat dengan tujuan yang berbeda, bentuk dan namanya saja yang serupa. CPU dan GPU juga sama-sama bisa melakukan pemrosesan data pada komputer namun data yang diprosesnya berbeda.

Fungsi GPU pada komputer adalah sebagai penampil grafis dan bertanggung jawab pada grafis HD atau 3D. Sementara fungsi CPU pada komputer sebagai penggerak dari berbagai macam perintah yang dilakukan pengguna komputer.

Penutup

Perbedaan CPU dan GPU pada komputer bisa dilihat dari berbagai hal, CPU dan GPU sama-sama menopang kerja komputer agar bisa bekerja secara maksimal. Kebutuhan CPU mutlak adanya sementara kebutuhan GPU terkadang disesuaikan pada kebutuhan pengguna.



Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url