Pengertian WAN Lengkap dengan Kelebihan dan Kekurangannya

Pengertian WAN Lengkap dengan Kelebihan dan Kekurangannya - Saat ini hampir setiap orang saling terhubung melalui jaringan internet. Jika berbicara internet sangat erat kaitannya dengan LAN, MAN, dan WAN. Lalu, apa pengertian WAN lengkap dengan kelebihan dan kekurangannya?

Pengertian WAN Lengkap dengan Kelebihan dan Kekurangannya

WAN adalah kependekan dari Wide Area Network. Jaringan ini menghubungkan beberapa wilayah dengan radius yang sangat besar. Kecepatan transmisinya juga mencapai hingga ratusan Mbps. 

Sebetulnya materi mengenai WAN  sudah banyak dipelajari di tingkat pendidikan SMA. Namun, sepertinya masih banyak yang belum mengetahui tentang WAN serta kelebihan dan kekurangannya. 

Pengertian WAN

Bagi Anda yang masih asing dengan istilah WAN, penting untuk mengetahui pengertian WAN lengkap  dengan kelebihan dan kekurangannya. Apa itu WAN? WAN adalah jaringan yang menghubungkan banyak user dalam cangkupan wilayah besar. 

Jaringan WAN bisa menghubungkan jutaan user di satu negara hingga benua. Dengan adanya WAN komunikasi antar user yang berbeda wilayah bisa dilakukan dan koneksinya pun jauh lebih cepat dari LAN dan MAN.

Baca juga : Pengertian MAN Lengkap dengan Kelebihan dan Kekurangannya

Untuk membangun sebuah jaringan WAN, dibutuhkan kabel fiber optik dan satelit karena cangkupan wilayahnya yang luas. Jaringan WAN juga dibangun dengan biaya yang cukup besar.

Kelebihan Jaringan WAN

Salah satu ciri khas dari WAN yaitu radius wilayah cangkupannya yang sangat luas. Wajar saja jika mengingat fungsi WAN sendiri untuk menghubungkan jutaan user. Selain itu, WAN juga memiliki beberapa kelebihan yang perlu Anda ketahui yaitu:

1. Transfer Informasi antar Wilayah

WAN sangat memungkinkan bagi besar untuk saling berbagi informasi antar wilayah yang luas. Selain itu, informasi dan data yang sama bisa digunakan oleh banyak user. Bagi suatu instansi yang memiliki banyak kantor cabang tentunya hal ini akan sangat bermanfaat.

2. User yang Saling Terhubung Bisa Mengakses Informasi Secara Real Time

Kelebihan WAN adalah memungkinkan user yang saling terhubung untuk mengakses informasi secara real time. Jadi, transmisi data dan informasi WAN aksesnya sangat cepat sehingga bisa dilihat oleh user secara real time.

3. Proses Pengiriman Pesan dan File Sangat Cepat

WAN dibangun dengan konektivitas kabel serat optik sehingga saat digunakan untuk pengiriman pesan dan file sangat cepat. Kecepatan pengiriman file di jaringan ini mencapai 2 Mbps hingga 3 Gbps.

Kekurangan Jaringan WAN

Di balik kelebihannya, WAN juga memiliki sejumlah kekurangan yang perlu Anda ketahui. Berikut beberapa kekurangan WAN:

1. Biaya Pembangunan yang Mahal

Dibutuhkan biaya yang mahal untuk membangun WAN. Hal ini dikarenakan WAN mengutamakan kecepatan dan radius wilayah yang luas. 

Selain itu, WAN juga dibangun dengan kabel serat optik yang merupakan komponen termahal untuk percepatan transmisi file dalam  suatu jaringan.

Namun, mahalnya biaya untuk membangun WAN sebanding dengan kecepatan pengiriman file dan akses pencarian data.

2. Rentan Diretas Hacker

Luasnya cangkupan wilayah WAN sangat rentan diretas oleh hacker. Ancaman peretasan tentunya harus diwaspadai karena bisa merugikan sebuah instansi. Apalagi, jika dalam jaringan tersimpan data-data penting.

Meskipun WAN sangat bisa diandalkan untuk berbagi dan menggunakan file bersamaan, hindari menyimpan file penting. Jika file bersifat rahasia sebaiknya simpan dalam perangkat yang tidak terhubung ke jaringan supaya tidak mudah diretas.

Jangan pernah berbagi file rahasia dalam jaringan. Transfer file sebaiknya dilakukan dalam jaringan yang lebih aman seperti cloud.

Demikian informasi mengenai pengertian WAN lengkap  dengan kelebihan dan kekurangannya. Semoga artikel ini dapat membantu Anda dalam memahami WAN.


Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url