Pengertian MAN, Beserta Kelebihan dan Kekurangannya

Pengertian MAN, Kelebihan dan Kekurangannya - Kali ini kita akan membahas Pengertian MAN lengkap dengan kelebihan dan kekurangannya. MAN (Metropolitan Area Network) merupakan sebuah jaringan komputer suatu kota yang memiliki transfer data dengan kecepatan tinggi.

Jaringan ini menghubungkan berbagai lokasi dalam satu kota, misalkan perkantoran, kampus, sekolah, pemerintahan dan sebagainya. Jaringan MAN sendiri terdiri dari gabungan jaringan LAN yang hanya bisa menghubungkan satu gedung saja.

MAN memiliki cakupan yang lebih luas dibanding dengan LAN. Dimana luasnya berkisar antara 10 KM hingga 50 KM. MAN hanya memiliki satu hingga dua kabel saja. Fungsi dari kabel tersebut adalah untuk mengatur paket data dari kabel output didalamnya.

Fungsi MAN

Perbedaan MAN dan LAN dapat kita ketahui dari fungsinya masing masing. Untuk fungsi utama MAN adalah menghubungkan  antara komputer dan juga perangkat lain sehingga dapat melakukan komunikasi satu dengan yang lainnya.

Ada beberapa karakteristik dari MAN yang perlu untuk kita ketahui antara lain adalah 

  • MAN tidak dimiliki satu organisasi tertentu. MAN, masuk peralatan penghubung hingga komunikasi linknya dimiliki salah satu konsorsium pengguna atau penyedia layanan jaringan yang di jual belikan kepada pengguna lainya.
  • MAN bertindak sebagai jaringan dengan kecepatan tinggi untuk sumber daya daerah. Hal ini sering digunakan untuk menyediakan koneksi bersama jaringan lain dengan link ke WAN.
  • MAN Memiliki cakupan koneksi yang lebih besar dibanding LAN. Meski demikian, teknologi yang digunakan oleh MAN masih serupa dengan LAN.
  • MAN memiliki satu atau dua kabel saja dan tidak memiliki elemen switching untuk mengatur paket beberapa output. Karena tidak adanya elemen switching, tentunya rancangan menjadi lebih sederhana dan mudah dilihat.

Kelebihan jaringan MAN

Beberapa kelebihan MAN antara lain adalah sebagai berikut 

  • Server ada di kantor pusat. Hal ini berfungsi sebagai pusat data dari semua kantor cabang.
  • Transaksi dilakukan secara real-time atau langsung (data pada server langsung di update saat itu juga).
  • Komunikasi antar pengguna dapat menggunakan e-mail, chatting, Video Conference.
  • Data bisa disebarkan secara lebih luas, cepat dan juga efisien, mengingat transaksi dilakukan secara real-time.

Kekurangan jaringan MAN

Tidak hanya kelebihan, MAN juga memiliki beberapa kekurangan. Agar mengetahui Pengertian MAN lengkap dengan kelebihan dan kekurangannya kita perlu mengulas kekurangan MAN antara lain adalah sebagai berikut.

  • Biaya operasional dari jaringan MAN terhitung lebih mahal dibandingkan dengan jaringan lainnya.
  • Instalasi dari infrastruktur jaringan tidak mudah bila dibandingkan dengan jaringan lainya.
  • Jika terjadi trouble pada jaringan misalkan network troubleshoot akan lebih rumit dalam penangananya. Sehingga membutuhkan waktu yang lumayan lama untuk memperbaikinya agar berfungsi dengan normal.
  • Dapat menjadi sasaran atau target dari para cracker yang mungkin digunakan untuk mendapat keuntungan pribadi.

Dari semua perincian diatas dapat disimpulkan bahwa jaringan MAN merupakan jaringan komputer yang mengcover sebuah lingkup wilayah kota serta gabungan dari beberapa jaringan LAN. Jaringan MAN ini bisa ditemukan pada sekolah, kampus, kantor, pabrik, dan lainnya.

Itu tadi merupakan perincian dari jaringan MAN agar kita semua mengetahui lebih detail tentang jaringan ini kemudian juga perbandingan antara MAN dan jaringan lainya. Agar kita mengetahui lebih jauh tentang Pengertian MAN lengkap dengan kelebihan dan kekurangannya.


Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url