Jenis Jenis Processor beserta Penjelasanya

Pengertian Processor Lengkap Dengan Jenis, Fungsi Dan Cara Kerjanya, Tersingkat - Processor atau PC memang menjadi hal yang paling penting dalam sebuah komputer atau laptop. jika Anda ingin membeli sebuah laptop atau komputer baru, maka lebih baik Anda memahami terlebih dahulu mengenai pengertian prosesor lengkap beserta jenis, fungsi, dan cara kerjanya.

Jenis-Jenis Processor Lengkap Dengan Penjelasannya

Processor atau yang lebih dikenal PC merupakan sebuah otak dari komputer atau laptop yang Anda miliki. Processor ini berada di tengah motherboard. Semua perintah yang ditangkap oleh komputer, semuanya berasal dari processor. Sehingga prosessor ini menduduki fungsi yang penting.

Seiring berkembangnya suatu zaman, maka semakin berkembang pula jenis-jenis processor yang ada di dunia ini. Sehingga Anda harus paham terlebih dahulu mengenai pengertian prosesor lengkap beserta jenis, fungsi, dan cara kerjanya, berikut jenis-jenis processor:

1. Processor Intel 

Processor intel merupakan processor yang sering digunakan oleh berbagai computer yang dikeluarkan Intel Corporation. Perusahaan ini berdiri sejak tahun 1968. processor intel memiliki berbagai keunggulan dari pada processor dengan jenis lain. Berikut beberapa keunggulannya:

  • Teknologi Hyper Cooling Processor, processor intel mampu mengontrol suhu dengan baik yaitu dengan cara mengurangi kecepatan saat suhu komputer telah terasa tinggi.
  • Menjadi brand processor karena telah memiliki berbagai pengalaman sejak zaman dulu berdiri.
  • Memiliki ketepatan peluncuran lebih baik dibandingkan dengan kompetitornya.

2. Processor Advanced Micro Devices (AMD)

Perusahaan kedua setelah Perusahaan intel corporation yang membuat brand processor yaitu perusahaan AMD. Processor AMD telah memiliki beberapa kualitas yang dapat dipilih sebagai processor laptop atau komputer Anda. Processor AMD ini sangat cocok untuk seorang gamers.

3. PC Cyrix Via 

Processor yang satu ini memang belum terlalu populer di telinga masyarakat. Meskipun kulaitasnya lebih rendah dibandingkan dengan processor yang telah unggul, namun processor ini baru mulai dikembangkan agar performanya semakin membaik dan tidak kalah saing.

4. PC IBM

Processor IBM telah berhasil mengeluarkan beberapa produk terbaru yang memiliki kualitas tak jauh berbeda dengan processor unggulan. Contoh produk keluarannya yaitu POWER 1, POWER2 dan POWER 9. Processor ini pernah menjadi saingan bagi processor intel dan processor AMD.

5. PC Transmeta

PC yang terakhir yaitu PC transmeta yang dikembangkan oleh perusahaan Transmeta Corporation. Namun pada saat ini, perusahaan tersebut telah berhenti beroperasi dikarenakan beberapa faktor yang menghalangi kesuksesan.

Baca Juga : Bagian bagian Processor

Memahami Fungsi Processor Secara Umum

Secara umum processor memiliki fungsi untuk mengolah perintah yang berupa input dan memberi keluaran berupa output. Berikut sedikit ulasan pengertian prosesor lengkap beserta jenis, fungsi, dan cara kerjanya.

  • Memastikan komputer atau laptop yang Anda miliki dapat bekerja dengan biak.
  • Menjalankan proses perintah yang diberikan kepada komputer untuk memberikan output.
  • Memberikan perintah dan menyalurkannya ke seluruh komponen komputer.
  • Menjaga performa komputer agar selalu optimal.
  • Mendukung segala kebutuhan komputer atau laptop.
  • Mengolah algoritma yang telah disusun dan di masukkan ke komputer.

Memahami Cara Kerja Processor Secara Sederhana

Setelah Anda memahami Fungsi processor, langkah yang selanjutnya adalah mengetahui cara kerja processor. Berikut cara kerja processor:

  • Melakukan operasi otomatis dengan menggunakan ALU
  • Memindahkan penyimpanan data ke suatu lokasi memori yang berbeda
  • Mengambil keputusan dan langsung mengerjakan instruksi lain.

Sekarang Anda telah memahami pengertian prosesor lengkap beserta jenis, fungsi, dan cara kerjanya. Sehingga Anda dapat memilih processor yang tepat untuk keperluan komputer atau laptop Anda.


Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url