Macam-Macam Gerbang Logika, Simbol, Tabel Kebenaran dan Fungsinya

Mengenal Gerbang Logika, Simbol, Tabel Kebenaran dan Fungsinya - Gerbang logika dalam dunia teknik informasi dan jaringan digunakan untuk merancang sebuah sistem. Namanya saja gerbang logika. Namun, rancangan sistem, bukan sembarang merancang. Ada beberapa kaidah yang harus ditaati.

Pengertian Gerbang Logika

Apa itu gerbang logika? Pengertian gerbang logika adalah sebuah proses dalam mengelola input yang berbentuk bilangan biner dengan penggunaan teori Matematika Boolean. Kalau kamu masih awam dengan bilangan binner, bilangan binner itu yang ditandai dengan penggunaan simbol atau angka 1 dan 0. Misalnya, 00011100100.

Apa itu gerbang logika

Bagaimana caranya menggunakan gerbang logika untuk merancang sebuah sistem? Caranya yaitu menggunakan bantuan dari tabel kebenaran. Namun, sebelum membahas tentang apa itu tabel kebenaran, terlebih dulu kamu harus paham seputar simbol yang kerap kali digunakan dalam gerbang logika. Simbol-simbol apa saja itu? Berikut adalah pembahasannya.

Simbol Gerbang Logika

Melanjutkan pembahasan mengenai gerbang logika, simbol, tabel kebenaran, dan fungsinya, berikut adalah pembahasan mengenai simbol dari gerbang logika.
  • Gerbang AND. Gerbang ini adalah gerbang yang butuh 2 input atau bahkan lebih untuk menghasilkan 1 output.
  • Gerbang OR. Gerbang ini sama dengan gerbang AND. Gebang ini juga butuh 2 input atau bahkan lebih untuk menghasilkan 1 output.
  • Gerbang NOT. Gerbang selanjutnya, adalah NOT. Gerbang NOT ini, punya fungsi khusus. Apa itu? Fungsi khususnya adalah sebagai pembalik keadaan.
  • Gerbang NAND. Gerbang NAND adalah gerbang yang tercipta dari hasil penggabungan gerbang sebelumnya. Gerbang apa saja itu? Yakni gerbang AND dan NOT. Gerbang AND dan NOT digabungkan menjadi satu, sehingga terbentuk gerbang NAND.
  • Gerbang NOR. Gerbang NOR sendiri adalah gerbang gabungan juga. Gabungan dari OR dan NOT ini memungkinkan gerbang ini mampu menghasilkan output yang dapat dikembalikan lagi karena adanya gerbang NOT.
  • Gerbang XOR. Gerbang ini, perlu 2 input dan 1 output. Cara kerjanya, jika output yang ada punya simbol berbeda, katakanlah input pertama simbolnya 0 dan input yang kedua simbolnya 1, maka output atau data keluaran yang akan dihasilkan adalah bilangan binner 1, beda jika input-nya sama, maka bilangan biner yang dihasilkan adalah 2.
  • Gerbang XNOR. Gerbang ini adalah kebalikan dari gerbang XOR. Samanya hanya dari segi keperluan input dan output. Namun, kalau dilihat dari cara kerjanya, maka gerbang ini berbanding terbalik dengan gerbang XOR.
Simbol gerbang logika

Selengkapnya, kamu bisa melihat gambar di bawah ini untuk melihat lebih jelas yang menjadi simbol dari 7 gerbang yang sudah dibahas sebelumnya. Gambar di bawah ini juga, memberikan informasi seputar output dan input yang dibutuhkan dalam satu gerbang.

Tabel Kebenaran

Apa itu tabel kebenaran? Pengertian tabel kebenaran adalah tabel yang digunakan untuk melakukan pengecekan atas pernyataan yang ada. Jadi, tabel ini akan mengecek apakah pernyataan yang diajukan sudah benar atau malah sebaliknya.

Tabel ini, banyak berisikan seputar variabel kemungkinan untuk data masukan (input) agar bisa menghasilkan data keluaran (output) yang lebih jelas dan logis.

Fungsi Gerbang Logika

Nah, apa saja sebenarnya, fungsi gerbang logika ini? Fungsi utama dari gerbang logika adalah untuk membentuk wadah digital untuk menampung semua komponen-komponen, agar tetap bisa terhubung satu sama lain dengan baik.


Gerbang logika juga berfungsi sebagai server sistem yang dapat membuat perintah atau menerjemahkan suatu sistem dari perangkat.

Nah, itulah tadi pembahasan mengenai mengenal gerbang logika, simbol, tabel kebenaran, dan fungsinya. Bagaimana? Menarik bukan? Semoga pembahasan di atas, mampu menambah pengetahuan kamu seputar gerbang logika.
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url