4 Fungsi Sistem Operasi Pada Komputer

Pengertian Sistem Operasi Beserta Fungsinya pada Komputer - Ketika kamu mempelajari komputer, kamu akan belajar tentang pengertian sistem operasi beserta fungsinya.  Sistem operasi ini mulai digunakan ketika zaman mulai berkembang, dimana komputer sedang marak digunakan.

Sistem operasi sendiri adalah sebuah sistem yang dapat digunakan untuk mengelola software maupun hardware dalam mengoperasikan operasi dasar.  Sistem ini memiliki peran penting dalam memanajemen perangkat komputer.

Untuk mengetahui peranan tersebut, kita harus tahu fungsi dari sistem operasi ini.

4 Fungsi Sistem Operasi Pada Komputer

Sistem operasi adalah sebuah kunci dalam menjalankan perangkat komputer, baik perangkat lunak, maupun perangkat keras. Ada 4 fungsi sistem operasi yang bisa kamu ketahui. Inilah 4 fungsi sistem operasi  yang bisa menjalankan berbagai program di komputer.

1. Memanajemen Memori Komputer

Dari berbagai fungsi yang ada dalam sistem operasi, fungsi pertama digunakan untuk memanajemen memori komputer. Dalam perangkat komputer ini memiliki 2 macam memori, main memory, dan primary memory.  

Kedua memori tersebut pastinya memiliki tugas yang berbeda.Tugas dari main memory  adalah menyimpan melalui akses langsung dari CPU, sedangkan primary memory  dapat menyimpan RAM.

2. Mengamankan Program Berjalan

Salah satu dari 4 fungsi sistem operasi yakni mengamankan program yang sedang berjalan. Jadi tidak hanya memanajemen memori saja, sistem operasi ini juga harus bisa mengamankan suatu program agar bisa berjalan dengan lancar dan tidak terjadi error.

Selain menghindari kerusakan sistem, keamanan ini juga berfungsi untuk mencegah dari virus dan malware.

3. Menjalankan Sebuah Operasi Dasar

Fungsi ketiga dari 4 fungsi sistem operasi  adalah menjalankan operasi dasar. Sistem operasi ini memang dibuat untuk menjalankan berbagai proses operasi dasar yang ada di komputer.

Sehingga peranan sistem operasi ini sangatlah krusial.  Kalau sistem operasi ini tidak berjalan, maka perangkat lunak tidak bisa berfungsi.

4. Mengontrol Kinerja Perangkat

Sistem operasi juga ditugaskan untuk mengontrol dari beberapa perangkat komputer lainnya seperti hard disk, CPU, software, dan beberapa perangkat lain.

Bahkan sistem operasi adalah sebuah kunci dalam menjalankan perangkat lainnya. Jika sistem operasi tidak berjalan, otomatis perangkat lainnya tidak bisa digunakan.

Itulah pengertian sistem operasi beserta fungsinya yang bisa kamu ketahui dan pelajari. Kita akhirnya tahu bahwa fungsi sistem operasi sangat penting.

Contoh Sistem Operasi

Selain dari pengertian sistem operasi beserta fungsinya, ada beberapa contoh dari sistem operasi yang kamu ketahui.

1. Microsoft Windows

Siapa yang tidak kenal dengan sistem operasi yang satu ini, karya dari Bill Gates yang menghasilkan jutaan dollar per menitnya. Sistem operasi yang satu ini sudah mendunia, bahkan banyak orang Indonesia yang menggunakan sistem operasi ini karena dinilai lebih mudah digunakan.

2. Mac OS

Sistem operasi ini adalah salah satu pesaing dari Mac OS ini adalah produk dari perusahaan Apple Inc.  Sistem operasi ini juga tidak kalah populer dengan  Microsoft. Berbagai produk yang menggunakan sistem operasi ini juga laris manis terjual di pasar dunia.

3. UNIX

Sistem operasi ini tidak sepopuler kedua sistem operasi lainnya, tetapi sistem operasi ini juga banyak digunakan oleh penggunanya.

Meskipun jarang ditemui, sistem operasi ini mempunyai kelebihan yaitu bisa dimodifikasi oleh user. Karya dari Ken Thompson  ini juga banyak diaplikasikan sebagai sistem operasi pencipta sistem yang baru. Unix ini mirip dengan linux yang memiliki beberapa varian yang sering disebut dengan distro linux.

Itulah pengertian sistem operasi beserta fungsinya dan beberapa contoh sistem operasi agar kamu tahu bahwa sistem operasi ini sangat penting di komputer.


Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url