Fungsi - Fungsi Prosesor beserta Cara Kerjanya

Pengertian CPU Beserta Fungsinya - Bagi Anda yang sehari-harinya menggunakan komputer, pasti mengenal CPU yang letaknya di samping atau di bawah komputer. Namun, sudahkah Anda tahu pengertian CPU beserta fungsinya?

Pengertian CPU

Apa itu CPU? CPU atau Central Processing Unit adalah perangkat keras yang sangat penting untuk pengoperasian data sistem komputer. CPU bertugas memahami dan melaksanakan perintah dari komputer. Bisa dikatakan, CPU merupakan otak dari komputer.

Jadi, jika CPU rusak, maka komputer ikut rusak atau bahkan tidak menyala. Untuk itulah, CPU harus dijaga baik-baik agar tidak rusak. Karena jika rusak, juga bisa mengakibatkan data yang tersimpan di komputer akan hilang.

Fungsi CPU

Apa fungsi CPU? CPU memiliki fungsi yang sangat penting dalam pengoperasian komputer. Secara umum, fungsi CPU adalah melakukan pemrosesan data dengan mengambil, mengode, dan mengeksekusi instruksi.

Selain itu, berikut ada beberapa fungsi dari CPU, di antaranya:

1. Fungsi Instruksi CPU

Bagaimana CPU mengeksekusi instruksi? Sebelum mengeksekusi, CPU akan mengambil instruksi dari memori yang disimpan dalam format kode assembly dengan menggunakan penghitung program.

Kemudian, agar dapat dieksekusi, CPU mengode instruksi tersebut menjadi kode biner. Setelah itu, CPU melakukan perintah instruksi tersebut berupa melakukan operasi, mengambil atau menyimpan data, atau menghitung program untuk berpindah ke instruksi yang lain.

 2. Fungsi Data CPU

Kemungkinan CPU diminta untuk menjalankan instruksi yang membutuhkan data ketika melakukan eksekusi dari perintah. Ada instruksi mengambil data yang diperlukan dari memori dan menulis kembali data yang telah diproses ke memori.

Instruksi dan data yang dioperasikan CPU disimpan di memori yang sama. Alamat unik yang digunakan untuk melacak lokasi memori pun berbeda.

Komponen Prosesor

Selain membahas pengertian CPU beserta fungsinya, akan dibahas pula komponen CPU. Sudahkah Anda apa saja komponen CPU? Berikut komponen-komponen prosesor, di antaranya:

1. Arithmetic Logic Unit (ALU)

ALU bertugas untuk melakukan instruksi berupa aritmatika dan logika. Bisa dikatakan, ALU adalah mesin bahasa. Hal ini karena ALU terbagi menjadi dua bagian, yaitu unit aritmatika dan unit logika boolean.

2. Unit Control

Unit control bertugas untuk mengatur jalannya program komputer. Cara kerjanya dengan mengambil instruksi dari memori utama dan menentukan jenis instruksinya. Kemudian hasil dari instruksi tersebut akan dibawa kembali dan disimpan di memori utama.

3. Register

Register bertugas sebagai alat penyimpanan sementara dengan kecepatan akses yang tinggi. Komponen ini digunakan untuk menyimpan perintah atau data yang sedang diproses.

4. Interkoneksi

Interkoneksi bertugas untuk menghubungkan komponen-komponen di CPU agar bisa melakukan instruksi yang diperintahkan. 

Cara Kerja CPU

Bagaimana cara kerja CPU? Setelah mengetahui fungsi dan komponen CPU, cara kerja CPU akan cukup mudah dipahami.

Saat perintah atau data dimasukkan ke CPU, perintah atau data tersebut akan ditempatkan melalui input storage di MMA. Jika berbentuk perintah, maka MMA akan meneruskannya ke unit control. Sementara jika berbentuk data, maka MMA akan meneruskannya ke working storage.

Lalu, jika register siap melakukan perintah, maka unit control akan meneruskan perintah ke register. Jika perintah tersebut berupa aritmatika dan logika, maka akan diambil alih oleh ALU.

Setelah selesai, unit control akan mengambil alih kembali di akumulator dan meneruskannya ke working storage. Ketika perintah sudah selesai dikerjakan, unit control akan mengambil hasil olahan dari working storage ke output storage, kemudian akan ditampilkan di output devices.

Setelah memahami pengertian CPU beserta fungsinya, tentunya akan membuat kita tahu pentingnya CPU untuk sebuah komputer. Dengan begitu, kita bisa berhati-hati dan memperhatikan CPU agar tidak mengalami kerusakan.

Itulah penjelasan singkat dan Eltekno mengenai fungsi-fungsi prosesor lengkap beseerta cara kerjanya. jika ada yang belum jelas silahkan bertanya dikomentar. Terima kasih


Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url