Pengertian Flowchart Beserta Simbol, Fungsi, dan Jenisnya (Lengkap)

Pengertian Flowchart Beserta Simbol, Fungsi, dan Jenisnya (Lengkap) - Kalau kamu memperhatikan betul, di buku sekolahan, saat awal bab, ada yang namanya peta konsep. Sebuah bagan yang akan menuntun kamu meraih goals pada suatu bab pembelajaran. Begitu juga dengan pengertian flowchart.

Sistem komputer

Hanya saja, flowchart, tidak sesimpel bagan yang ada pada peta konsep buku pembelajaran. Ada beberapa simbol yang kerap kali digunakan dan kamu harus paham betul simbol-simbol apa saja itu. Berikut adalah pembahasan mengenai pengertian flowchart beserta simbol, fungsi, dan jenisnya (lengkap).

Pengertian Flowchart

Pengertian flowchart adalah sebuah bagan alur yang berfungsi untuk menampilkan tahap-tahap atau langkah-langkah untuk melakukan sebuah proses dari sebuah program. Setiap langkah, akan digambarkan menggunakan bentuk diagram dan akan dihubungkan dengan garis atau arah panah. Mirip dengan ogive pada statistika.

Ketika kamu berkecimpung di dunia sistem informasi, flowchart seharusnya tidak akan asing lagi di panca indra kamu. Sebab, saat akan membangun sesuatu yang ada kaitannya dengan sistem, kamu akan lebih dulu membuat bagan alurnya untuk merancang apa-apa saja yang kamu butuhkan.

Mulai dari perencanaan, pengumpulan sumber daya, proses kerja, hingga tahap finishing, dengan adanya flowchart, semua akan lebih tertata. Pada flowchart juga, kamu akan banyak bertemu dengan simbol-simbol dasar yang kerap kali digunakan. Kamu harus paham betul seputar simbol yang ada, agar bisa memaksimalkan kinerja kamu.

Kalau belum tahu banyak seputar simbol-simbol yang ada pada flowchart, berikut adalah pembahasannya.

Simbol Flowchart

Semua simbol yang ada pada diagram kompleks komputer yakni flowchart, punya makna atau arti yang berbeda-beda. Berikut adalah penjelasan simbol-simbol yang kerap kali digunakan.

Simbol-simbol flowchart

Fungsi Flowchart

Flowchart akan sangat berguna untuk mempelajari, merencanakan mengevaluasi, sampai mendokumentasikan sebuah proses kerja dari suatu sistem. Ini karena pada bagan alur pada flowchart terdapat langkah-langkah yang dipresentasikan dengan diagram dan garis atau arah panah, sehingga kinerja suatu sistem dapat dinilai. Apakah baik atau sebaliknya.

Secara garis besarnya kamu bisa melihat poin-poin utamanya di bawah ini. Berikut adalah poin-poin utama fungsi flowchart.

• Menggambarkan Proses-proses Produksi

Fungsi pertama flowchart adalah membantu kamu dalam menggambarkan apa-apa saja yang akan terjadi selama proses produksi. Mulai dari kesiapan bahan, sampai hal-hal lainnya akan digambarkan jelas pada flowchart.

• Menyederhanakan Rangkaian Proses

Adanya flowchart, mampu membantu kamu mengevaluasi apa yang kurang dari proses saat kamu memproduksi sebuah sistem. Tak menutup kemungkinan juga dapat menyederhanakan rangkaian proses, agar lebih efektif lagi.

• Memudahkan Perencanaan

Fungsi ini tentu sudah terlihat jelas. Akan jauh berbeda ketika kamu bekerja meggunakan flowchart dengan tidak menggunakannya. Kamu akan dibuat bngung sendiri saat bekerja tidak menggunakan flowchart, pasalnya kamu tidak tahu mau melakukan apa lagi selanjutnya. Berbeda saat kamu menggunakan flowchart. Semua sudah terstruktur.

Jenis Flowchart

Jenis flowchart tergantung dari karakteristik penggunaannya. Berikut adalah pembahasan lebih lengkapnya.

•Flowchart Dokumen. Jenis flowchart yang pertama ini berfungsi untuk melakukan penelusuran alur form, dari bagian satu, ke bagian lainnya.

•Flowchart Program. Berfungsi untuk memberikan gambaran secara terperinci terkait prosedur yang akan dilakukan dalam proses program.

•Flowchart Proses. Berfungsi untuk menganalisis langkah-langkah yang akan dilakukan dalam sebuah prosedur.

•Flowchart Sistem. Berfungsi untuk menampilkan proses kerja yang berlangsung dalam suatu sistem.

•Flowchart Skematik. Berfungsi untuk menampilkan seluruh alur prosedur dari suatu sistem.

Nah, itulah tadi pembahasan mengenai Pengertian Flowchart Beserta Simbol, Fungsi, dan Jenisnya (lengkap). Bagaimana? Apakah kamu sudah bisa membuat sebuah flowchart?

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url