Pengertian NIC (Network Interface Card), Fungsi, dan Cara Kerjanya di Jaringan Komputer

Pengertian NIC (Network Interface Card), Fungsi, dan Cara Kerjanya di Jaringan Komputer - Tidak hanya ponsel, komputer juga punya kartu jaringan. Kartu jaringan pada komputer, biasanya disebut dengan NIC atau Network Interface Card. Secara fungsi dan cara kerjanya, tentu berbeda dengan kartu jaringan yang ada pada ponsel. Biar lebih mengenal, berikut pembahasan pengertian NIC, fungsi beserta dengan cara kerjanya.

Pengertian NIC (Network Interface Card)

Apa itu Network Interface Card (NIC)? Jadi, pengertian dari Network Interface Card (NIC) adalah sebuah kartu jaringan yang letaknya ada pada slot ekspansi di komputer. Kartu jaringan ini, dijadikan sebagai tumpuan untuk komputer dapat terhubung dengan jaringan dan melakukan aktifitas pengiriman data dengan komputer lain lewat bantuan jaringan.

Pengertian NIC (Network Interface Card), Fungsi, dan Cara Kerjanya di Jaringan Komputer

Analoginya, kamu akan pergi ke seberang sungai. Untuk sampai ke seberang apa yang kamu butuhkan? Jembatan bukan? Peran NIC dalam jaringan komputer pun begitu. Kartu jaringan ini, berberan sebagai jembatan yang nantinya digunakan komputer untuk terhubung pada jaringan.

Sedikit mirip dengan sim card yang ada di ponsel kamu. Untuk tetap terkoneksi ke internet dan browsing ke google seperti yang kamu lakukan sekarang, apa yang dijadikan jembatan atau tumpuan? Tentu sim card.

Fungsi NIC (Network Interface Card)

Sebagai perangkat keras atau hardware pada komputer, pastinya NIC Network Interface Card punya peran dan kontribusinya sendiri untuk komputer. Namun, apakah kamu sudah mengenal pasti fungsi dari NIC atau kartu jaringan ini? Kalau belum, berikut adalah poin yang menjadii fungsi utama NIC (Network Interface Card).

  • Fungsi NIC (Network Interface Card) yang pertama adalah media yang dapat digunakan untuk mengirim data ke komputer dengan memanfaatkan penggunaan jaringan. Jadi, kirim mengirim data, informasi, lebih mudah dengan pemanfaatkan jaringan menggunakan kartu jaringan atau NIC (Network Interface Card).
  • Fungsi yang kedua yakni mengontrol flow atau aliran data. Fungsi ini akan tampak jelas saat kamu melakukan transfer data dari komputer lain menggunakan sistem perkabelan.NIC akan mengatur arus atau aliran data yang sedang berlangsung.
  • Fungsi NIC (Network Interface Card) yang terakhir adalah menerjemahkan sebuah data yang berasal dari komputer lain, agar bisa dengan mudah dibaca. Saat kamu men-transfer sebuah data dari komputer satu ke komputer lainnya, data yang di-transfer dikenali dan diterjemahkan dulu oleh NIC, agar data mudah dikenali.

Cara Kerja NIC (Network Interface Card) di Jaringan Komputer

Sederhananya, cara Kerja NIC (Network Interface Card) di Jaringan Komputer terjadi ketika ada data yang masuk ke komputer, kemudian data tadi dipecah dulu menjadi satuan-satuan bit, agar mudah diterjemahkan atau dimengerti oleh komputer lain. Selanjutnya, data yang sudah dipecah menjadi bit tadi, kemudian dikirimkan ke komputer lain lewat jaringan.

Ketika data sudah terkirim ke komputer lain lewat jaringan yang saling terkoneksi, data yang berbentuk bit tadi, diterjemahkan, kemudian disatukan atau diutuhkan kembali oleh komputer penerima seperti data awal yang berasal dari komputer pengirim.

Sederhananya seperti itu. Peran NIC dalam mengirim data di jaringan komputer. NIC membantu dan dijadikan jembatan yang mempermudah transaksi data dari komputer satu ke komputer lainnya. Jika tidak ada NIC, bisa saja data yang dikirim mengalami korupt atau kerusakan, data tidak bisa dibuka.

Jika tidak ada NIC juga saat transfer data, bisa saja data-data yang ditransfer tadi, bertabrakan dan akhirnya akan memakan waktu yang lama saat transfer. NIC mengatur arus transfer, sehingga tabrakan, sangat minim untuk terjadi.

Nah, itulah tadi pembahasan mengenai Pengertian NIC (Network Interface Card), Fungsi, dan Cara Kerjanya di Jaringan Komputer. Bagaimana, menarik bukan?

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url