Mengenal Jenis Penyimpanan Eksternal, Kelebihan, dan Kekurangannya

Mengenal Jenis Penyimpanan Eksternal, Kelebihan, dan Kekurangannya - Penyimpanan eksternal adalah sebuah media penyimpanan yang berbentuk perangkat keras (hardware), gunanya untuk menyimpan sebuah data. Perangkat keras atau hardware yang termasuk ke dalam penyimpanan eksternal, ada beberapa jenis. Apa saja? Berikut pembahasan mengenai jenis penyimpanan eksternal, kelebihan, dan kekurangannya.

Mengenal Jenis Penyimpanan Eksternal, Kelebihan, dan Kekurangannya

Penggunaan penyimpanan eksternal sangat membantu komputer dari segi kinerja dan storage atau penyimpanan. CPU tidak lagi dipaksa untuk bekerja ekstra untuk menyimpan data-data karena sudah terbantu dengan hardware penyimpanan eksternal.

Jenis Penyimpanan Eksternal

Walaupun penyimpanan eksternal, tetapi perlu kamu ketahui bahwa jenis penyimpanan eksternal ada juga yang mendukung sistem operasi baca dan tulis. Misalnya, Harddisk dan disket. Selengkapnya, berikut adalah pembahasan mengenai jenis penyimpanan eksternal.

1). Harddisk

Harddisk adalah jenis penyimpanan eksternal yang paling umum dan paling banyak digunakan banyak orang. Harddisk termasuk ke dalam penyimpanan eksternal yang mendukung operasi baca dan tulis karena pada harddisk dapat digunakan untuk menyimpan data software atau aplikasi yang sudah di-instal.

Harddisk berbentuk piringan yang dilapisi oleh lapisan khusus untuk menyimpan dan membaca data yang disimpan secara magnetik. Data yang disimpan pada harddisk, biasanya diubah ke sistem encoding, sehingga menghasilkan informasi berbentuk kode binner.

2). Disket

Tidak jauh beda dengan harddisk, disket juga merupakan jenis penyimpanan eksternal yang mendukung operasi baca dan tulis. Disket juga menyimpan dan membaca data secara magentik karena disket ini berbentuk piringan magnetik.

Jenis penyimpanan eksternal yang kedua ini, dirancang sedemikian rupa untuk kebutuhan pindah memindahkan data dari komputer satu ke komputer yang lainnya. Untuk menggunakan atau mengakses dari pada disket ini, pengguna harus mempunyai peralatan yang biasa disebut dengan istilah disk drive.

Hanya saja, nasib disket, berbeda dengan harddisk. Kalau harddisk menjadi jenis penyimpanan eksternal yang paling banyak digunakan sekarang, berbeda dengan disket yang sudah sangat jarang digunakan.

3). CD

Selanjutnya ada Compact Disk atau CD yang masuk ke dalam jenis penyimpanan ekternal optik. Berbeda dengan dua jenis sebelumnya Harddisk dan disket yang termasuk ke dalam jenis penyimpanan eksternal magnetik.

CD punya kecepatan akses yang lumayan cepat, sehingga jika digunakan untuk memindah-mindahkan data, CD cukup bisa diandalkan. CD sebagai sebagai penyimpanan eksternal optik punya beberapa jenis. Ada CD-ROM, CD-Rewritetable, dan CD-WROM, yang punya fungsinya masing-masing sesuai jenisnya.

4). DVD

DVD (Digital Video Disc) juga termasuk ke dalam jenis penyimpanan eksternal magnetik yang punya teknologi mirip dengan CD. Hanya saja, DVD satu tingkat lebih baik dari CD jika dilihat dari segi kualitas.

DVD mampu menyimpan data yang lebih besar ketimbang CD. Kemampuan membaca data sangat cepat dan kualitas data yang disimpan sangat baik. Ini karena DVD hanya dikhususkan untuk menyimpan audio pada komputer.

5). Flashdisk

Flashdisk dan harddisk saat ini, saling berkompetisi menjadi media penyimpanan yang paling banyak digunakan oleh orang. Flashdisk sebagai jenis penyimpanan eksternal magnetik, sangat mudah untuk digunakan, kamu hanya colokan flashdisk kamu ke port USB komputer.

6). Pita Magnetik

Pernah melihat pita yang ada pada kaset radio? Itulah pita magnetik. Pita yang dilapisi oleh lapisan magnetik untuk menyimpan dan membaca data.

Kelebihan Penyimpanan Eksternal

Apa kelebihan penyimpanan eksternal? Kelebihan yang paling menonjol, kalau menggunakan penyimpanan eksternal, lebih mudah dibawa ke mana saja.

Kekurangan Penyimpanan Eksternal

Apa kekurangan penyimpanan eksternal? Yakni mudah hilang. Ya, mudah hilang ini karena dipengaruhi oleh kelebihan penyimpanan eksternal yaitu mudah dibawa. Terlalu mudah dibawa, sampai mudah hilang juga karena keseringan dibawa ke mana-mana.

Nah, itulah tadi pembahasan mengenai jenis penyimpanan eksternal, kelebihan, dan kekurangannya. Apakah kamu sudah lebih paham?

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url