Karakteristik Jaringan Ad Hoc dan Jenis-jenisnya

Karakteristik Jaringan Ad Hoc dan Jenis-jenisnya - Jaringan Ad Hoc adalah sistem jaringan yang mirip dengan jaringan peer to peer. Namun, jaringan Ad Hoc, mampu menghubungkan lebih dari dua komputer. Beda dengan jaringan peer to peer yang hanya mampu menghubungkan dua komputer. Apa karakteristik jaringan Ad Hoc ini? Berikut pembahasan karakteristik jaringan Ad Hoc dan Jenis-jenisnya.

Apa itu Jaringan Ad Hc

Karakteristik Jaringan Ad Hoc

Jaringan Ad Hoc punya karakteristik yang menjadikan sistem jaringan ini berbeda dengan sistem jaringan konvensional lainnya. Apa saja yang menjadi karakteristik jaringan Ad Hoc ini? Berikut adalah pembahasannya.

1). Punya Sumber Daya yang Terbatas

Berubung jaringan Ad Hoc adalah jaringan yang termasuk ke dalam sistem jaringan nirkabel atau jaringan tanpa kabel, membuat jaringan Ad Hoc punya batasan dalam sektor kapasitas memori.

2). Topologi yang Dinamis

Karakteristik jaringan Ad Hoc yang selanjutnya adalah punya topologi yang dinamis. Maksudnya sistem jaringan ini, punya routing protokol yang dapat dengan mudah diubah-ubah. Berbeda dengan jaringan berkabel yang node-nya atau titik yang menghubungkan perangkat satu dengan perangkat lainnya bersifat paten atau tetap.

3).Punya Tautan Nirkabel

Node pada sistem jaringan Ad Hoc sifatnya bergerak. Ini membuat adanya antar muka atau ruang yang membentuk tautan yang terhubung dengan node pada perangkat lainnya.

Bagaimana? Menarik bukan karakteristik jaringan Ad Hoc. Karakteristik yang membuatnya berbeda dengan sistem jaringan lainnya. Perlu kamu ketahui juga bahwa jaringan Ad Hoc juga punya jenis-jenisnya. Apa saja itu? Berikut adalah pembahasannya.

Jenis-jenis Jaringan Ad Hoc

Jenis-jenis jaringan Ad Hoc sekurang-kurangnya dibagi menjadi 7 jenis. Apa saja itu? Berikut adalah pembahasannya.

1). Wireless Ad Hoc Network

Wireless Ad Hoc Network atau biasa disingkat dengan WANET. Sistem jaringan ini, dapat dengan mudah kamu temui pada perangkat laptop atau komputer. Cara kerjanya, ketika dua perangkat sudah saling terhubung, maka kedua perangkat bisa saling mengirim dan menerima data.

2). Mobile Ad Hoc Network

Mobile Ad Hoc Network (MANTET) adalah sistem jaringan yang paling umum digunakan pada telepon seluler yang sering kamu genggam.

3). Vehicular Ad Hoc Network

Vehicular Ad Hoc Network (VANET) adalah sistem jaringan yang digunakan pada kendaraan. Kendaraan yang menggunakan sistem jaringan ini biasanya adalah kendaraan roda empat yang berfungsi sebagai alat komunikasi.

4). Internet Based Mobile Ad Hoc Network

Selanjutnya ada Internet Based Mobile Ad Hoc Network biasa disingkat dengan IMANET. Sistem jaringan jenis ini, digunakan untuk menghubungkan node internet.

5). Self Power Ad Hoc Network

Jenis sistem jaringan yang satu ini, sangat dipengaruhi oleh kemajuan teknologi. Self Power Ad Hoc Network, bergantung dan dipengaruhi oleh kemajuan teknologi karena sistem jaringan ini, dibutuhkan dan digunakan dalam latihan perang.

6). Jaringan Militer

Sesuai dengan namanya, jaringan Ad Hoc jenis jaringan militer ini digunakan untuk kegitan perang.

7). Smart Phone Ad Hoc Network

Jenis-jenis jaringan Ad Hoc yang terakhir ada Smart Phone Ad Hoc Network atau biasa disingkat dengan SPANS. SPANS digunakan dan cukup berperan dalam berkembangnya jaringan peer to peer di mana SPANS ini, dalam pengguanaannya menggunakan bantuan WIFI dan bluetooth.

Nah, itulah tadi pembahasan mengenai karakteristik jaringan Ad Hoc dan Jenis-jenisnya. Bagaimana, menarik bukan karakteristik dari jaringan Ad Hoc ini? Semoga bisa menambah pemahaman kamu seputar jaringan dalam dunia komputer.

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url