Pengertian Output Device Beserta Fungsi dan Contohnya

Pengertian Output Device Beserta Fungsi dan Contohnya - Secara umum, pengertian output device adalah peranti keluaran atau peranti yang berada di luar dari device.

Output device

Output device yang akan dibahas di sini adalah output device komputer secara spesifik. Pasalnya, output device bisa juga ditemui di PLC, bahkan HP android pun, sudah bisa merasakan manfaat dari adanya perangkat output device. Dari pada bingung, berikut adalah pembahasan mengenai pengertian output device beserta fungsi dan contohnya.

Pengertian Output Device

Sederhananya, output device adalah peranti keluaran yang mampu menampilkan hasil pengelolaan data atau hasil dari perintah pada komputer. Peranti keluaran ini berupa hardware atau perangkat keras. Perangkat yang bisa dengan mudah kamu identifikasi mengggunakan panca indra.

Hardware yang termasuk ke dalam output device mampu membaca data yang berasal dari input device. Misalnya saja, kamu menggunakan webcam pada komputer yang di mana webcam ini adalah peranti input device, maka peranti yang termasuk ke dalam output device, mampu membaca data yang ada pada webcam.

Begitu juga saat kamu melakukan perintah pada komputer kamu menggunakan mouse. Mouse adalah peranti input data. Ketika kamu melakukan perintah menggunakan mouse, maka peranti atau hardware yang termasuk ke dalam output device akan memberikan hasil dari perintah yang kamu berikan tadi menggunakan peranti dari input device.

Jadi, antara input device dan output device saling berhubungan satu sama lain pada komputer atau laptop. Dari sisi kinerja, keduanya tidak bisa dipisahkan.

Contoh Output Device Beserta Fungsinya

Hardware atau peranti yang termasuk ke dalam output device pada komputer, akan sangat mudah kamu kenali. Mungkin, kamu sudah sering melihatnya, hanya saja belum tahu peranti manakah pada komputer yang termasuk ke dalam output device. kamu yang masih bingung, berikut adalah pembahasannya.

1). Monitor

Nah, contoh output device yang pertama, datang dari bagian paling besar pada komputer. Monitor adalah perangkat keluaran yang berfungsi untuk menampilkan segala macam hasil dari pengelolaan data. Monitor juga berfungsi menampilkan hasil dari suatu perintah yang diminta.

Monitor ada berbagai macam. Dari tahun ke tahun, monitor selalu bertransformasi menjadi lebih canggih lagi. Di awal kemunculan, monitor masih ada yang mengandalkan teknologi tabung. Namun, sekarang monitor sudah ada yang dibekali dengan teknologi LCD yang bentuknya ramping dan gambar yang dihasilkan lebih jernih.

2). Printer

Printer termasuk ke dalam contoh output device karena printer mampu menampilkan data yang diambil dari perangkat penyimpanan yang sebelumnya telah diolah oleh prosesor. Mirip dengan monitor, printer semakin hari semakin canggih.

Awalnya, printer yang banyak dikenal printer jenis ink jet. Printer yang menggunakan tinta, tetapi sekarang hadir printer laser jet, printer yang menggunakan laser.

3). Projektor

Projektor masuk ke dalam contoh output device karena fungsinya yang mampu menampilkan data dari komputer, kemudian ditampilkan ke layar lebar lewat pantulan sinar cahaya yang kuat.

4). Speaker

Speaker adalah sebuah peranti keluaran yang berfungsi mengeluarkan data dari komputer. Data yang dikeluarkan lebih spesifik berupa suara yang diambil dari hasil olahan prosesor secara digital dengan format tertentu.

Nah, itulah tadi pembahasan mengenai pengertian output device beserta fungsi dan contohnya. Bagaimana? Apakah kamu sudah bisa mengidentifikasi bagian pada komputer kamu yang termasuk ke dalam output device?

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url