Pengertian Input Device Beserta Fungsi dan Contohnya

Pengertian Input Device Beserta Fungsi dan Contohnya - Saat menggunakan laptop atau komputer, pernahkah kamu menggunakan bantuan mouse? Kalau iya, berarti secara tidak sadar, kamu sudah menerapkan salah satu contoh dari input device. Jadi, sebenarnya apa itu input device? Apa pengertian input device?

Hardware komputer

Kalau berbicara tentang input device, berarti pembahasan akan banyak berbicara tentang hardware. Hardware sendiri ini adalah perangkat keras, lawan kata dari software. Dari pada bingung, simak pembahasan berikut seputar pengertian input device beserta fungsi dan contohnya.

Pengertian Input Device

Sebelumnya, perlu diketahui juga, input device yang akan dibahas di sini adalah input device pada komputer atau laptop secara spesifik. Zaman sekarang, input device sudah bisa dirasakan manfaatnya pada mesin atm, bahkan ponsel yang kamu genggam pun, dapat menggunakan bantuan dari input device.

Jika ada pertanyaan mengenai apa itu input device? Jawabannya, input device adalah peranti masukkan pada laptop atau komputer yang di mana Peranti masukkan ini, berupa hardware atau perangkat keras. Perangkat yang bisa dirasakan oleh indra peraba.

Peranti masukkan ini, jika disambungkan dengan laptop atau komputer, maka peranti ini, dapat memasukkan sebuah data dan memberikan sebuah perintah. Berhubung sifatnya berupa hardware, maka input device atau peranti masukkan ini, dapat dikendalikan langsung oleh si penggunanya.

Jika diklasifikasikan, input device dibagi menjadi dua. Ada perangkat input device langsung, ada perangkat input tidak langsung. Untuk menambah pengetahuan kamu seputar input device, berikut pembahasan klasifikasinya.

1). Perangkat Input Device Langsung

Sifatnya yang langsung, membuat perangkat input device yang termasuk dalam golongan ini, dapat dengan langsung memproses data dan dapat langsung digunakan ketika perangkat disambungkan ke device dalam hal ini adalah laptop atau komputer. Contoh perangkat golongan ini adalah keyboard, mouse, touchpad, dan lain sebagainya.

2). Perangkat Input Device Tidak Langsung

Sesuai dengan namanya juga karena tidak langsung, maka perangkat yang masuk ke dalam golongan ini, perlukan media pembantu untuk memproses perangkat sebelum benar-benar akan digunakan. Perangkat yang termasuk ke dalam golongan ini, misalnya harddisk, flashdisk, disket, dan lain sebagainya.

Contoh Input Device beserta dengan Fungsinya

Perangkat-perangkat yang termasuk ke dalam input device ini, khususnya komputer atau laptop, mungkin sudah tidak asing lagi di pengelihatan kamu. Atau mungkin, kamu sudah sering menggunakannya, hanya saja belum tahu secara spesifik, mana saja perangkat yang termasuk ke dalam input device. Berikut adalah pembahasannya.

1). Keyboard

Benda yang satu ini, seharusnya sudah sangat tidak asing lagi di pendengaran kamu. Keyboard punya dua jenis, ada yang berbentuk fisik, ada juga yang virtual. Keyboard sebagai perangkat input device, punya fungsi yang sangat dibutuhkan karena tanpa keyboard, kamu tidak dapat melakukan perintah apa-apa pada laptop atau komputer kamu.

2). Mouse

Fungsinya, hampir mirip dengan keyboard. Dengan mouse, kamu bisa menggerakkan kursor yang ada pada laptop.

3). Touchpad

Sama saja dengan mouse secara fungsional. Bedanya, touchpad tidak dijual terpisah. Ia sepaket dengan laptop.

4). Webcam

Webcam adalah kamera kecil yang dapat digunakan untuk melakukan panggilan video dan berfoto.

5). Scanner

Fungsi utama scanner adalah memindai sebuah file mentah atau hard file misalnya kertas, untuk nantinya dijadikan soft file yang berupa gambar atau PDF file.

Nah, itulah tadi pembahasan mengenai pengertian inpute device beserta fungsi dan contohnya. Bagaimana, apakah kamu sudah bisa menentukan perangkat-perangkat mana saja yang kamu gunakan yang masuk ke dalam perangkat input device?

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url