Macam Macam Media Penyimpanan Beserta Kelebihan dan Kekurangannya

Macam Macam Media Penyimpanan Beserta Kelebihan dan Kekurangannya - Memahami macam-macam media penyimpanan beserta kelebihan dan kekurangannya sangatlah penting. Ini agar Anda tidak salah dalam melakukan pembelian.

Gambar macam macam media penyimpanan

Fungsi media penyimpanan sendiri adalah untuk menyimpan berbagai macam data digital. Sebut saja foto, video, dokumen, dan file-file lain. Dengan menyimpan di media ini, Anda bisa membuka, melihat, dan memproses ulang file tersebut.

3 Macam-Macam Media Penyimpanan Beserta Kelebihan dan Kekurangannya

Media penyimpanan mengalami evolusi seiring berkembangnya teknologi. Evolusi ini mulai dari kapasitas hingga bentuk media penyimpanan itu sendiri. Melalui ulasan ini kami akan kami macam-macam media penyimpanan beserta kelebihan dan kekurangannya secara singkat.

1. Magnetic

Media ini dikenal dengan nama Magnetic Disk. Tergolong dalam kategori penyimpanan sekunder. Banyak orang yang menggunakan jenis media ini pada sistem komputer modern. Beberapa contoh media penyimpanan ini adalah harddisk, disket, zip drive, flashdisk, memory card, dan hardisk eksternal.

Saat Anda menggunakannya, maka motor drive akan berputar dengan kecepatan sangat tinggi. Ada read-write head yang ditempatkan di atas permukaan piringan.

Permukaan disk sendiri terbagi dalam beberapa track dan sektor. Elemen lain yang identik dengan magnetic disk adalah cakram fixed-head dan cakram moving-head.

Kelebihan media penyimpanan ini:

  • Kapasitas lebih besar jika dibandingkan dengan media lain
  • Kecepatan akses tinggi

Sedangkan kekurangan dari media penyimpanan ini adalah

  • Harga lebih mahal

2. Optical

Selanjutnya adalah optical disk yakni media penyimpanan data elektronik yang bisa dioperasikan dengan sinar laser tenaga rendah. Beberapa contoh media ini adalah CD, CD-R, CD-ROM, CD-RW,dan DVD.

Jenis-jenis media penyimpanan ini masih digunakan namun sudah tidak sepopuler dulu. 

Kelebihan media penyimpanan ini:

  • Lebih ringan sehingga nyaman dibawa
  • Harga lebih murah dibandingkan dengan magnetic disk
  • Bentuknya kepingan CD sehingga tidak makan tempat

Sedangkan kekurangan dari media penyimpanan ini adalah:

  • Penggunaannya terbatas karena tidak semua perangkat modern punya wadah untuk menempatkannya
  • Kapasitas memori lebih kecil
  • Jika tergores resiko data tak terbaca

3. Cloud

Macam-macam media penyimpanan beserta kelebihan dan kekurangannya terakhir adalah yang paling canggih yaitu cloud storage. Media yang satu ini termasuk dalam penyimpanan online. Jadi, semua data yang Anda simpan akan ditaruh di suatu server.

Anda bisa mengakses data-data tersebut dengan catatan ada koneksi internet. Beberapa contoh media penyimpanan cloud adalah Dropbox, Google Drive, iCloud, Mega, dan lain sebagainya.

Saat ini, cloud storage menjadi primadona dalam proses penyimpanan data. Apalagi jika data yang disimpan dalam jumlah sangat besar. Penggunaan media penyimpanan ini juga tergolong sangat mudah. 

Anda hanya perlu mendaftar atau membuat akun untuk bisa menggunakannya. Beberapa cloud storage mengharuskan penggunanya membayar sejumlah biaya untuk menaikkan kapasitas penyimpanan.

Namun, untuk penggunaan personal cloud storage gratis sudah lebih dari cukup. Standarnya kapasitas untuk akun gratis bisa mencapai 15GB.

Kelebihan media penyimpanan ini:

  • Kapasitas penyimpanan beragam dan bisa disesuaikan dengan kebutuhan
  • Bisa diakses dari perangkat manapun
  • Lebih ringkas dan tidak makan tempat

Kekurangan dari media penyimpanan ini adalah

  • Ada resiko data hilang karena kesalahan server ataupun pengguna
  • Perlu biaya tambahan jika ingin upgrade kapasitas
  • Harus menggunakan koneksi internet jadi kurang fleksibel jika Anda harus ada di lokasi yang sulit untuk akses internet

Ketiga jenis media penyimpanan di atas punya kelebihan dan kekurangan masing-masing. Namun, sebagai pengguna Anda bisa memilih sesuai dengan kebutuhan ya. Jangan hanya mengikuti tren, tapi kembalikan lagi pada situasi dan kondisi masing-masing.

Semoga ulasan mengenai macam-macam media penyimpanan beserta kelebihan dan kekurangannya yang telah dibahas oleh eltekno.com bisa bermanfaat untuk Anda. 

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url