Pengertian Switch, Fungsi, dan Cara Kerjanya di Jaringan Komputer

Pengertian Switch, Fungsi, dan Cara Kerjanya di Jaringan Komputer - Pada artikel sebelumnya, telah dibahas seputar pengertian, fungsi, sampai cara kerja HUB di jaringan komputer. Pembahasan kali ini, tidak melenceng jauh. Di mana pada artikel kali ini, akan dibahas saudara dari HUB yakni switch. Berikut adalah pembahasan lebih lengkapnya.

Pengertian Switch

Apa yang dimaksud dengan switch? Pengertian switch sendiri sama saja dengan HUB. Apa itu? Yakni sebuah alat yang digunakan untuk menghubungkan jaringan komputer satu dengan lainnya ke dalam satu jaringan.

Apa itu switch

Pada switch sendiri ada yang dikenal dengan istilah packet switching. Apa itu packet switching? Packet switching adalah metode yang ada pada alat switch. Metode ini adalah metode pengiriman data yang proses pengirimannya dipecah-pecah menjadi beberapa data atau paket, sebelum akhirnya dikirimkan.

Metode ini sangat menarik karena metode packet switching mengirimkan data yang sudah dipecahkan tadi ke jalur paralel yang jalurnya tidak terlalu macet. Ini membuat proses pengiriman data menggunakan Switch menjadi lebih cepat. Dengan adanya metode ini juga, menjadi pembeda antara Switch dan HUB.

HUB ketika mengirim data, alat ini akan langsung mengirimkan data ke semua client yang terhubung. Beda dengan Switch yang hanya mengirimkan file sesuai dengan alamat tujuan. Switch lebih modern ketimbang HUB. Apa lagi switch punya metode packet switching. Membuatnya jauh berbeda dan lebih moderen ketimbang HUB.

Fungsi Switch

Melanjutkan pembahasan seputar Pengertian Switch, Fungsi, dan Cara Kerjanya di Jaringan Komputer, sekarang pembahasan berlanjut pada fungsi switch. Berikut adalah point-point yang menjadi fungsi utama dari switch.

  • Menggunakan Switch, lebih minim terkena looping avoidance atau pristiwa di mana penerimaan data, tidak terdefinisi tujuannya mau ke mana.
  • Switch mampu meneruskan paket data frame.
  • Switch mampu mencatat alamat MAC perangkat jaringan yang terkoneksi dengan switch.

Cara Kerja Switch di Jaringan Komputer

Nah, sudah mengetahui pengertian dan fungsi switch, dilanjutkan dengan cara kerja switch di jaringan komputer. Bagaimana switch bisa bekerja di jaringan komputer? Berikut pembahasan lengkapnya.

HUB dan Switch adalah dua alat yang mirip-mirip. Entah itu dari segi penampilan, secara fungsional, dan lain sebagainya, terdapat beberapa kemiripan. Namun, ada hal yang menjadi pembeda paling besar dari kedua alat ini. Apa itu? Jawabannya yakni dari segi cara kerjanya di jaringan komputer.

Misalnya, ada 5 port yang terhubung ke HUB, saat salah satu komputer melakukan permintaan pengiriman file, maka HUB, langsung mengirimkan file yang diminta. HUB mengirimkan file tadi ke semua komputer yang terhubung. Jadi kalau ada 5 port yang terhubung, maka kelimanya dikirimi file, padahal hanya diminta oleh satu komputer saja.

Jauh beda dengan cara kerja dari Switch. Pada switch, ketika ada satu komputer dalam hal ini client, melakukan permintaan pengiriman file kepada Switch yang bertindak sebagai server, maka switch mengirimkan file hanya pada komputer yang melakukan permintaan pengiriman file tadi. Beda dengan HUB yang mengirimkan file ke semua komputer yang terhubung.

Terlebih lagi, switch punya metode pengiriman file packet switching. Metode ini tidak dimiliki oleh HUB. Membuat switch terkesan lebih modern dan lebih canggih.

Nah, itulah tadi pembahasan mengenai Pengertian Switch, Fungsi, dan Cara Kerjanya di Jaringan Komputer. Bagaimana, menarik bukan? Semoga pembahasan tadi, mampu menambah pengetahuan kamu.


Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url