Pengertian Router, Fungsi, dan Cara Kerjanya di Jaringan Komputer

Pengertian Router, Fungsi, dan Cara Kerjanya di Jaringan Komputer - Router akan kamu perlukan untuk pengiriman paket atau informasi melalui jaringan. Dari pada bingung lagi, berikut adalah pembahasan pengertian router, fungsi, dan cara kerjanya di jaringan komputer.

Pengertian Router

Apa itu router? Router adalah sebuah alat perangkat keras yang ditugaskan untuk menghubungkan dua jaringan atau bahkan lebih.

Router ini adalah alat yang dari segi kinerja lebih kompleks ketimbang alat-alat lainnya yang tugasnya juga untuk menghubungkan jaringan. Kenapa dikatakan lebih kompleks? Ya, karena tugasnya lebih banyak ketimbang alat yang lain.

Pengertian Router, Fungsi, dan Cara Kerjanya di Jaringan Komputer
Sebuah router tidak hanya terkhusus pada satu jenis penghubungan jaringan saja. Sebuah router mampu menghubungkan host jaringan komputer yang berbeda IP, IP sama, host id berbeda, net id berbeda, dan berbagai macam permasalahan lainnya mampu teratasi dengan adanya router.

Maka dari itu, router diciptakan dan dikatakan sebagai alat yang lebih kompleks dari segi kinerja ketimbang alat penghubung jaringan yang lainnya. Mungkin alat yang lain, digunakan khusus untuk satu permasalahan saja. Berbeda dengan router yang mampu multitasking.

Fungsi Router

Fungsi router yang paling utama, sekurang-kurangnya ada 3 fungsi. Apa saja itu? Berikut adalah pembahasan mengenai 3 poin fungsi utama sebuah router.

1). Sebagai Alat untuk Menghubungkan Jaringan

Fungsi yang pertama ini, sudah disinggung di pembahasan sebelumnya. Bahwa sebuah router ditugaskan untuk menghubungkan dua jaringan atau bahkan lebih.

Dalam menghubungkan jaringan komputer, router akan melakukan forward data melalui IP forward. Jadi, sebelum menggunakan router IP forward pada komputer harus diaktifkan terlebih dahulu.

2). Mengantarkan Informasi

Fungsi router yang kedua, sebagai alat yang dapat mengantarkan atau mentransmisikan suatu informasi dari komputer satu, ke komputer yang lainnya. Untuk sistem kerja mengantarkan informasi dari alat router ini, mirip dengan alat bridge jaringan. Bedanya, pengantaran informasi menggunakan router, telah melewati proses me-route-kan terlebih dahulu.

3). Sebagai Alat untuk Menghubungkan Jaringan ke DSL

Fungsi router terakhir sebagai alat untuk menghubungkan jaringan ke DSL. DSL (Digital Subscriber Line) adalah teknologi router yang lebih canggih. Di mana penggunanya mampu menghubungkan jaringan tidak hanya dengan mengandalkan sambungan kabel LAN saja, tetapi bisa juga menggunakan teknologi yang lebih canggih yakni sistem jaringan wireless.

Cara Kerja Router di Jaringan Komputer

Cara kerja router di jaringan komputer sebenarnya cukup sederhana. Berikut akan dipaparkan cara kerja router dengan penjelasan yang sangat sederhana.

Bagaimana sebenarnya inti dari prinsip cara kerja router di jaringan komputer? Sederhananya inti cara kerja router adalah tertelak pada proses me-route-kan sebuah pakat data yang ada dari network satu ke network yang lain.

Cara kerja router di jaringan komputer, mirip ketika kamu menggunakan jasa kurir untuk antar barang. Ketika kamu ingin mengantarkan barang ke Kota A misalnya menggunakan jasa kurir, kurir pilihan kamu, tidak akan langsung sampai ke Kota A pastinya. Kurir akan melewati rute dengan berbagai tempat persinggahan.

Tempat persinggahannya berbagai macam. Misalnya dari tempat kamu tinggal, menuju ke Kota A, harus melewati terminal, pelabuhan, dan lain sebagainya dan semua harus dilewati. Nah, begitulah cara kerja dari router di jaringan komputer.

Untuk bisa menghubungkan jaringan dan mengirimkan data, sebuah alat router menempuh rute yang ada berbagai macam tempat persinggahan atau chekpoin khusus yang harus dipenuhi atau dilewati dan akhirnya bisa sampai ke jaringan komputer yang lain.

Nah, itulah tadi pembahasan mengenai pengertian router, fungsi, dan cara kerjanya di jaringan komputer. Bagaimana, menarik bukan?


Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url