Pengertian Proxy Beserta Cara Kerja dan Fungsinya Pada Jaringan Komputer

Pengertian Proxy Beserta Cara Kerja dan Fungsinya Pada Jaringan Komputer - Proxy dapat digunakan agar ISP tidak dapat mendapatkan informasi tentang perangkat yang sedang Anda gunakan untuk mengakses internet. Apakah Anda penasaran dengan informasi tentang pengertian Proxy beserta cara kerja dan fungsinya pada jaringan komputer?

Pengertian Proxy Beserta Cara Kerja dan Fungsinya Pada Jaringan Komputer

Apa yang dimaksud proxy? Bagaimana cara kerja dan apa fungsi proxy server? Temukan penjelasan lebih lengkapnya dengan membaca informasi ini! Selamat membaca dan menambah wawasan!

Pengertian Proxy Beserta Cara Kerja dan Fungsinya Pada Jaringan Komputer

Ketika ingin mengakses website, Anda akan terhubung dengan pihak penyedia ISP. Pihak ISP akan mengetahui lokasi, informasi pengguna, jenis perangkat, dan informasi lainnya. Tentu saja hal ini sangat tidak nyaman. Oleh karena itu, Anda bisa mencoba menggunakan proxy.

1. Pengertian Proxy

Ketika mengakses website, Anda akan menerima alamat IP. Alamat IP digunakan untuk mengidentifikasi server mana yang akan menerima konten dari website tersebut.

Jelaskan apa yang dimaksud dengan proxy? Proxy adalah suatu metode yang dapat digunakan untuk mengakses jaringan internet tetapi menggunakan alamat IP berbeda dengan yang diterima perangkat.

Perangkat yang digunakan sebagai penyedia layanan proxy disebut dengan proxy server.

Apa manfaat menggunakan proxy? Berikut ini beberapa manfaat yang bisa Anda dapatkan ketika menggunakan proxy ketika mengakses internet, yaitu:

  • Dapat menyembunyikan lokasi dan alamat IP yang digunakan
  • Dapat mengakses website yang diblokir
  • Meningkatkan keamanan privacy pengguna
  • Dapat melakukan filter cookies yang tidak diinginkan
  • Lebih cepat dalam mengakses internet
  • Memblokir situs tertentu
  • Lebih hemat bandwidth

Proxy dibedakan menjadi beberapa jenis, yaitu:

  1. Transparent proxy (koneksi menggunakan proxy server tetapi meneruskan informasi IP pengguna)
  2. Anonymous proxy (tidak meneruskan alamat IP asli pengguna)
  3. Distorting proxy (memberikan alamat IP berbeda)
  4. High anonymity proxy (menyembunyikan identitas proxy server dan alamat IP)

2. Fungsi Proxy

Apa fungsi proxy pada jaringan komputer? Berikut ini beberapa fungsi proxy pada jaringan komputer, yaitu:

Meningkatkan Keamanan

Proxy dapat berfungsi untuk meningkatkan keamanan pengguna dengan menghalangi ISP dan website mencatat alamat IP asli pengguna. Nantinya, website atau ISP akan mencatat alamat IP server proxy. Atau dengan kata lain Anda melakukan koneksi online secara anonim.

Pemantauan Trafik

Fungsi proxy yang kedua adalah memantau atau melakukan monitoring apa saja yang diakses oleh pengguna internet. Fungsi ini sangat bermanfaat jika diterapkan untuk memantau penyalahgunaan internet.

Mengakses Website atau Jaringan yang Diblokir

Terdapat beberapa konten di internet yang sengaja disembunyikan oleh pemilik. Nah, pengguna internet melalui proxy dapat digunakan untuk mengakses konten  yang diblokir tersebut.

3. Cara Kerja Proxy

Bagaimana cara kerja proxy? Ketika Anda menggunakan server proxy untuk terhubung ke suatu website, maka koneksi Adan akan terhubung terlebih dahulu ke server proxy.

Setelah itu, server proxy akan meneruskan permintaan Anda untuk membuka suatu website ke alamat tujuan. Oleh karena itu, alamat IP asli milik Anda tidak dapat teridentifikasi oleh website. Website akan memberikan informasi ke alamat IP server proxy yang akan terhubung ke Anda.

Itulah informasi tentang pengertian Proxy beserta cara kerja dan fungsinya pada jaringan komputer. Proxy memang dapat digunakan untuk menyembunyikan informasi perangkat seperti alamat IP ketika Anda mengakses internet.

Namun, tidak semua server proxy dapat memberikan jaminan keamanan yang sama. Sebaiknya tetap hati-hati ketika Anda memilih untuk menggunakannya ya!


Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url