Pengertian Bridge, Fungsi, dan Cara Kerjanya di Jaringan Komputer

Pengertian Bridge, Fungsi, dan Cara Kerjanya di Jaringan Komputer - Bridge adalah jembatan. Dalam jaringan komputer, memang ada yang namanya jembatan? Di mana letaknya? Apa fungsinya? Dari pada bingung, langsung simak pembahasan pengertian bridge, fungsi, dan cara kerjanya di jaringan komputer berikut ini.

Pengertian Bridge Jaringan

Pengertian bridge jaringan adalah jembatan jaringan. Sebuah alat yang dapat digunakan untuk memperluas jaringan. Alat ini memang berperan layaknya sebuah jembatan, sehingga tidak salah jika dikatakan sebagai bridge jaringan atau jembatan jaringan.

Analoginya, ada 2 orang yang ingin sampai ke seberang sungai. Jembatan akan sangat dibutuhkan untuk sampai ke seberang. Begitu juga dengan bridge jaringan ini. Untuk mendapatkan kualitas jaringan yang lebih cepat, bridge jaringan menghubungkan jaringan komputer LAN dengan jaringan LAN lainnya, sehingga tercipta koneksi jaringan yang cepat.

Apa itu Bridge jaringan
Kalau di sekitar kamu banyak yang menggunakan jaringan komputer LAN (Local Arean Network) dan mengalami masalah karena lambatnya koneksi jaringan, bridge jaringan akan menghubungkan dan menjadikan satu semua jaringan LAN, sehingga terciptalah jaringan yang lebih cepat karena semua jaringan sudah diatur menjadi satu kesatuan dan satu tujuan.

Tidak ada lagi perbedaan atau kompetisi di antara semua jaringan LAN yang ada. Kalau tipe jaringan berbeda? Kan ada tipe jaringan ethernet dan fast ethernet. Apakah bisa disambungkan? Menariknya, bridge jaringan punya kemampuan untuk bisa menghubungkan tipe jaringan yang berbeda. Tak terkecuali tipe jaringan ethernet dan fast ethernet.

Fungsi Bridge Jaringan

Apa-apa saja yang menjadi fungsi bridge jaringan ini? Berikut adalah pembahasan fungsi utama bridge. Berikut pembahasan lengkapnya.

1). Bridge Berfungsi untuk Menghubungkan Dua Buah Jaringan

Fungsi yang pertama ini, sudah disinggung di pembahasan pengertian bridge tadi. Bahwa bridge jaringan mampu menghubungkan dua buah jaringan LAN, sehingga terciptalah jaringan yang lebih cepat karena semua jaringan sudah diatur menjadi satu kesatuan dan satu tujuan.

2). Mampu Menghubungkan Jaringan Komputer yang Beda Tipe

Sudah disinggung juga sebelumnya bahwa bridge jaringan punya kemampuan untuk bisa menghubungkan tipe jaringan yang berbeda. Tak terkecuali tipe jaringan ethernet dan fast ethernet.

3). Dapat Berfungsi sebagai Router

Fungsi bridge jaringan yang terakhir adalah dapat berfungsi sebagai router. Tidak jarang ada yang menyebut bridge dengan istilah bridge-router karena sifatnya yang memang mampu berfungsi sebagai router. Di mana, bridge dapat menyalin frame data dari sebuah jaringan lain dengan syarat jaringan tadi masih terhubung.

Cara Kerja Bridge di Jaringan Komputer

Bridge adalah alat yang bekerja di bagian data link layer dan di bagian physical layer. Ini membuat bridge jaringan mampu untuk mengontrol dan mempengaruhi jaringan LAN. Jadi, akan dengan mudah bridge untuk menghubungkan dua jaringan LAN yang awalnya tidak saling terhubung.

Ketika ada jaringan yang melintasi bridge lewat sebuah kabel jaringan, maka bridge akan melakukan amplifikasi pada sinyal tadi, sehingga terjadi pengiriman sinyal dari kabel satu ke kabel lainnya. Di sinilah terjadi penggabungan jaringan.

Kiranya, secara sedehanannya, begitulah cara kerja bridge di jaringan komputer. Bridge memang alat yang cukup membantu. Memahaminya pun tidak ribet seperti alat-alat komponen yang lainnya. Masalah dengan jaringan komputer, paling cocok untuk menggunakan alat yang satu ini.

Nah, itulah tadi pembahasan mengenai pengertian bridge, fungsi, dan cara kerjanya di jaringan komputer. Bagaimana? Menarik bukan? Apakah kamu tertarik untuk menggunakan alat yang menarik ini untuk solusi dari permasalahan jaringan komputer?

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url