Pengertian Acces Point, Fungsi, dan Cara Kerjanya di Jaringan Komputer

Pengertian Acces Point, Fungsi, dan Cara Kerjanya di Jaringan Komputer - Tak jarang, acces point ditemukan di sebuah instansi yang punya gedung cukup luas dan memanfaatkan jaringan internet untuk membantu produktivitas. Namun, apakah kamu sudah mengetahui apa itu acces point? Kalau belum, pembahasan mengenai pengertian acces point, fungsi, dan cara kerjanya di jaringan komputer berikut akan sangat membantu.

Pengertian Acces Point

Acces point adalah sebuah alat yang dapat menghubungkan piranti dengan sistem nirkabel ke jaringan lokal dengan memanfaatkan bantuan teknologi seperti WiFi, Blueetooth, wireless, dan lain-lain.

Pengertian Acces Point, Fungsi, dan Cara Kerjanya di Jaringan Komputer

Tak jarang juga acces point diberi istilah sebagai wireless local area network atau (WLAN). Sebuah alat yang dapat mengirim dan juga menerima data yang asalnya dari adapter wireless. Biasanya, acces point erat kaitannya dengan alat seperti router, hub, dan switch karena ketiga alat ini, kerap kali disandingkan dengan acces point lewat kabel thernet.

Fungsi Acces Point

Setelah mengetahui pengertian acces point, bahwa acces point itu adalah sebuah alat yang dapat menghubungkan komputer dengan jaringan lokal melalui pemanfaatan teknologi transfer, kamu juga pastinya penasaran dengan fungsi acces point ini sebenarnya untuk apa saja. Dari penasaran, langsung simak poin-poinnya berikut ini.

1). Sebagai Alat untuk Menyebarkan Jaringan

Fungsi utama dari acces point adalah sebagai alat yang dapat menyebarkan jaringan. Ketika sudah ada alat atau perangkat yang terhubung, acces point akan menyebarkan jaringan lokal pada perangkat yang terhubung tadi, lewat sistam gelombang radio.

2). Sebagai Penghubung Antar Jaringan

Acces dapat menghubungkan lokal yang memakai kabel dengan teknologi jaringan yang sifatnya tanpa kabelatau nirkabel. Contohnya seperti WiFi, Blueetooth, wireless, dan lain-lain.

3). Acces Point dapat Berguna sebagai Pengaman

Adanya fitur pengaman pada acces point seperti keamanan WEP dan WAP, membuat acces point punya sistem shared key-authentication. Ini yang menjadikannya lebih aman.

Cara Kerja Acces Point di Jaringan Komputer

Sebenarnya, cara kerja acces point di jaringan komputer cukup mudah dipahami. Cara kerjanya hanya berupa pencocokan data yang ada.

Apa pernah kamu login sosial media lewat aplikasi? Sosial media Facebook misalnya. Saat menggunakan Aplikasi Facebook untuk pertama kalinya, kamu akan diperintahkan untuk memasukkan alamat email atau nomor telepon dilanjutkan dengan memasukkan sandi akun kamu.

Saat kamu sudah memasukkan kontak dan sandi akun kamu dengan benar, dan kamu menekan login, Facebook akan loading sesaat untuk mencocokan apakah kontak dan sandi yang kamu masukkan benar. Nah, begitu juga dengan cara kerja dar Acces Point.

Ketika kamu menyambungkan sebuah perangkat ke jaringan, biasanya akan tertera password sebelum perangkat yang kamu sambungkan tadi benar-benar menggunakan jaringa. Kamu akan diminta untuk memasukkan password dan tugas acces point, memastikan apa password yang kamu masukkan sudah benar atau malah sebaliknya.

Kalau password yang kamu masukkan sudah benar, maka kamu bisa langsung menggunakan jaringan. Sebaliknya, kalau salah, acces point akan menolak permintaan kamu. Sederhananya seperti itulah cara kerja acces point di jaringan komputer.

Jika kamu menggunakan jaringan dengan bantuan acces point, maka jaringan mampu terpancar dengan baik dan punya wilayah jangkauan yang luas sekalipun wilayah jangkauannya banyak terhalang oleh tembok-tembok.

Maka dari itulah, mengapa penggunaan acces point, banyak digunakan oleh instansi-instansi besar seperti rumah sakit, kantor, sekolah, dan lain sebagainya.

Nah, itulah tadi pembahasan mengenai pengertian acces point, fungsi, dan cara kerjanya di jaringan komputer. Bagaimana? Menarik bukan?

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url