Macam-Macam Komponen Jaringan Komputer yang Harus Anda Ketahui

Macam-Macam Komponen Jaringan Komputer yang Harus Anda Ketahui - Jaringan komputer merupakan sebuah mekanisme agar beberapa komputer dapat terhubung dan berkomunikasi. Sebuah jaringan komputer membutuhkan beberapa komponen untuk dapat berfungsi, berikut adalah macam-macam komponen jaringan komputer yang harus anda ketahui.

Macam-Macam Komponen Jaringan Komputer yang Harus Anda Ketahui

Perkembangan Jaringan Komputer

Komputer digital modern pertama kali diciptakan oleh John Vincent Atanasoff pada 1942. Pada waktu itu belum ada sebuah metode untuk dapat menghubungkan beberapa unit komputer.

Terobosan baru dimulai pada akhir tahun 1950-an, di mana Militer Amerika Serikat berusaha menggabungkan sistem komputer dari radar mereka menggunakan sebuah modem bernama Bell 101.

Kini perkembangan jaringan komputer sudah cukup mutakhir dan memungkinkan perpindahan data dan informasi yang besar sekaligus cepat antara unit-unit komputer yang terhubung. 

Konektivitasnya juga sangat luas, sekarang ini, sebuah komputer di Indonesia dapat terhubung dengan miliaran komputer lainnya yang tersebar di berbagai wilayah dunia.

Perkembangan cara kerja jaringan komputer tersebut juga membuat semakin banyak piranti keras yang digunakan untuk mendirikan sebuah jejaring komputer. Selanjutnya kami akan membahas macam-macam komponen jaringan komputer yang harus anda ketahui. 

Macam-Macam Komponen Jaringan Komputer

Terdapat macam-macam komponen jaringan komputer yang harus anda ketahui.

1. PC dan Laptop

Untuk mendirikan sebuah jaringan komputer tentunya kita membutuhkan komputer sebagai piranti pengguna akhir yang berinteraksi langsung dengan pengguna. Komputer-komputer akan dihubungkan ke dalam sebuah jaringan agar dapat berkomunikasi antara satu dengan yang lain.

Komunikasinya akan hadir dalam bentuk data digital yang berjalan melalui piranti penghubung atau piranti jaringan.

2. Modem

Modem merupakan perangkat keras yang berguna sebagai alat komunikasi dua arah yang merubah sinyal digital menjadi sinyal analog atau sebaliknya. Modem merupakan sebuah komponen jaringan internet yang membantu menghubungan komputer ke dunia maya.

3. Network Card

Network Card merupakan sebuah piranti yang berfungsi sebagai jembatan komputer menuju sebuah jaringan komputer. Terdapat dua jenis Network Card yaitu yang berbasis kabel dan tanpa kabel atau nirkabel.

4. Hub dan Switch

Hub dan Switch memiliki fungsi serupa, keduanya merupakan perangkat yang menyatukan kabel-kabel jaringan. 

Letak perbedaannya terdapat pada metode transmisi datanya, ketika sebuah transmisi data melewati Hub maka perangkat itu akan menyalurkan datanya kepada seluruh komputer yang terhubung.

Sedangkan Switch akan berusaha mengkonfirmasi terlebih dahulu alamat tujuan piranti akhir dengan begitu maka transmisi data melalui Switch biasanya lebih cepat jika dibandingkan dengan Hub.

5. Access Point

Komponen jaringan komputer lainnya adalah Access Point, fungsinya serupa dengan Hub dan Switch namun piranti ini berbasis nirkabel.

6. Repeater

Repeater memiliki fungsi untuk memperkuat sinyal. Repeater akan menangkap sinyal transmisi data dari sebuah jaringan komputer dan memancarkannya kembali. Piranti ini biasanya digunakan untuk memperluas sinyal nirkabel seperti Wi-Fi.

7. Router

Router adalah sebuah piranti yang berfungsi untuk menggabungkan beberapa jaringan komputer dengan segmen IP yang sama maupun berbeda.

8. Kabel Jaringan

Terakhir dan tidak kalah pentingnya adalah Kabel Jaringan yang berfungsi untuk menghubungkan piranti-piranti keras dalam sebuah perangkat komputer. Terdapat 3 jenis kabel penghubung jaringan: 

  • Kabel koaksial.
  • Kabel twisted pair.
  • Kabel fiber optic.

Ketiga kabel tadi membutuhkan konektor yang berbeda-beda. Kabel koaksial membutuhkan konektor BNC, kabel twisted pair membutuhkan konektor RJ-45, sedangkan kabel fiber optic membutuhkan konektor FC.

Baca Juga : Monitoring Jaringan

Nah sekian pembahasan singkat mengenai macam-macam komponen jaringan komputer yang harus anda ketahui. Semoga penjabaran tadi dapat membantu anda mengenali beberapa komponen jaringan komputer dan fungsinya.


Next Post Previous Post
2 Comments
  • Sutrisno Airdop Bagus
    Sutrisno Airdop Bagus 13 Januari 2022 pukul 13.06

    Terimakasih informasinya

    • Nanda Elang
      Nanda Elang 11 Mei 2022 pukul 14.39

      sama sama

Add Comment
comment url