Jaringan Peer to Peer: Pengertian, Fungsi, Kelebihan, dan Kekurangannya

Jaringan Peer to Peer: Pengertian, Fungsi, Kelebihan, dan Kekurangannya - Merasa asing dengan istilah jaringan peer to peer? Padahal, kamu sudah sering melihat contoh kecilnya dalam kehidupan sehari-hari. Misal, kamu di rumah pasang Wi-Fi, itu sudah masuk dalam contoh kecil jaringan peer to peer. Selengkapnya, kamu bisa simak pembahasan jaringan peer to peer: pengertian, fungsi, kelebihan, dan kekurangannya.

Jaringan peer to peer

Ada banyak contoh lainnya dari penerapan jaringan peer to peer ini. Khususnya dalam dunia komputer. Kamu tidak akan jarang menemukan sistem peer to peer ini. Jadi, simak pembahasan berikut, mulai dari pengertiannya, fungi, kelebihan, sampai kekurangannya.

Pengertian Jaringan Peer to Peer

Jaringan peer to peer pada komputer atau biasa disingkat dengan jaringan P2P adalah jaringan pada komputer yang terancang dan tersusun oleh lebih dari satu komputer yang berada dalam satu lingkungan, agar tetap bisa saling berbagai.

Untuk mengaktifkan sistem jaringan ini, dibutuhkan lebih dari satu komputer, satu kabel LAN UTP, connector RJ-45, dan crimping tool. Untuk alat pendukung lainnya seperti LAN tester atau tang pemotong, itu optional saja. Jadi, untuk membuat jaringan peer to peer, kamu hanya butuh satu kabel LAN UTP saja sebagai alat utamanya.

Fungsi Jaringan Peer to Peer

Fungsi jaringan peer to peer yang paling utama adalah dalam hal pertukaran data atau sharing resource. Ketika kamu menerapkan jaringan peer to peer pada dua komputer kamu, kamu akan dengan mudah dan cepat dalam sharing data dari komputer satu, ke komputer lainnya karena akan ada yang bertindak sebagai server.

Misal, contohnya itu seperti ini, kamu punya dua komputer. Anggaplah komputer satu kita beri nama komputer A, satunya lagi komputer B. Ketika keduanya disambungkan dengan jaringan peer to peer, maka komputer A, bertindak menjadi server dan komputer A, mampu mengambil atau mengakses seluruh file yang ada di komputer B.

Itu berlaku juga sebaliknya. Tinggal atur saja, siapa yang akan menjadi server untuk mengelola file pada komputer lainnya. Sangat efisien bukan? Apa lagi dalam urusan pindah-pindah file dari komputer satu ke komputer lainnya. Jaringan peer to peer, bisa kamu andalkan.

Kelebihan Jaringan Peer to Peer

Jaringan peer to peer, tentu punya banyak kelebihan yang dapat membantu kamu mengerjakan tugas lebih cepat. Apa saja kelebihan jaringan peer to peer? Berikut poin-poin pentingnya.

  • Setting atau instalasinya, mudah.
  • Harga murah.
  • Fleksibel.
  • Tidak memerlukan aplikasi tambahan, sehingga dalam penggunaannya sangat mudah.

Kekurangan Jaringan Peer to Peer

Punya kelebihan, pasti punya kekurangan juga. Tidak ada yang sempurna. Kelemahan atau kekurangan jaringan peer to peer ini adalah sebagai berikut.

  • Rawan terjadi trouble shooting dan ketika sudah terjadi, akan sulit membenahinya karena semua komputer berpartisipasi dalam server.
  • Data tersebar. Ini mengharuskan kamu melakukan back up data terlebih dahulu.
  • Sistem administrasi sulit dikontrol.

Kekurangan dari jaringan peer to peer juga, tidak cocok digunakan untuk sebuah perusahaan yang punya skala besar. Ini karena sistem administrasinya yang sulit dikontrol. Namun, akan sangat efisien jika kamu gunakan untuk 2 komputer saja menggunakan jaringan peer to peer ini.

Bagaimana? Apakah kamu sudah mengerti dengan jaringan peer to peer, setelah menyimak pembahasan jaringan peer to peer: pengertian, fungsi, kelebihan, dan kekurangannya di atas?

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url