Apa Itu Telnet? Beserta Fungsi dan Cara Kerjanya

Mengenal Apa Itu Telnet? Beserta Fungsi dan Cara Kerjanya - Mungkin banyak dari kalian yang masih asing dengan aplikasi protokol Telnet. Kali ini kita membahas apa itu Telnet? Beserta fungsi dan cara kerjanya. Yuk, langsung aja.

Telnet dalam Sejarah

Telnet merupakan sebuah protokol networking yang dihasilkan dari proyek ARPANET (Advanced Research Projects Agency Network), sebuah proyek pengembangan jaringan komputer luas yang dikembangkan Departemen Pertahanan Amerika Serikat sebelum internet.

Melihat perkembangan jaringan komputer yang semakin maju, dibutuhkanlah sebuah metode agar pengguna satu komputer dapat terhubung dan mengendalikan komputer lainnya secara remote.

Berdasarkan kebutuhkan itu maka dikembangkanlah Teletype Network atau Telnet pada tahun 1969.

Apa Itu Telnet?

Oke, setelah sedikit mengenal sejarah Telnet, selanjutnya kita akan mencoba mengenal apa itu Telnet? Beserta fungsi dan cara kerjanya.

Jadi Telnet adalah sebuah aplikasi emulasi terminal yang digunakan untuk mengakses server remote atau server jarak jauh. 

Atau lebih mudahnya, Telnet digunakan agar kita dapat mengendalikan komputer dari jarak jauh menggunakan komputer lainnya yang masih tersambung dalam satu jaringan.

Secara desain, Telnet sangatlah sederhana karena masih berbasis command-line tool yang dijalankan pada sebuah perangkat komputer. Perlu diketahui juga, karena Telnet hanya berbasis command-line maka tidak GUI atau antarmuka pengguna grafis yang disajikan.

Desainnya yang sederhana membuat Telnet sangat mudah untuk digunakan. Ketika menjalankan Telnet untuk terhubung dan mengendalikan komputer remote anda hanya perlu menggunakan keyboard untuk memberikan perintah berbasis teks.

Perintah-perintah yang dapat dieksekusi menggunakan Telnet meliputi:

  • Menjalankan program
  • Membuat folder
  • Membuat file
  • Menghapus file
  • Memindahkan file
  • Menjelajahi directory komputer remote

Selain berfungsi untuk terhubung dan mengendalikan komputer remote, Telnet juga dapat digunakan untuk mengatur piranti jaringan seperti Router atau juga Switch.

Telnet dapat digunakan pada Windows, MacOS, dan juga Linux.

Cara Menginstall dan Menggunakan Telnet di Windows 10

Untuk menginstall dan menjalankan Telnet Windows 10 sangatlah mudah karena anda tidak perlu download Telnet dengan mengunjungi situs di internet. Berikut ini adalah langkah-langkahnya:

  1. Klik Start
  2. Buka Control Panel
  3. Di kotak pencarian ketik, cari, dan buka ‘Turn Windows features on or off’
  4. Setelah window terbuka, scroll ke bawah, cari dan klik ‘Telnet Client’
  5. Sebuah window akan muncul dan menunjukkan proses install Telnet sedang berjalan
  6. Selesai

Ketika proses instalasi telah selesai anda dapat menjalankan Telnet dengan membuka Command Prompt yang dapat ditemukan di menu Start, lalu ketik ‘telnet’ dan tekan enter.

Masalah Keamanan Telnet dan SSH

Setelah sedikit akrab dengan apa itu telnet? Beserta fungsi dan cara kerjanya, kini kita akan mengenal mengenai kelemahan Telnet.

Perlu diingat bahwa Telnet diciptakan dan dikembangkan pada tahun 1960-an akhir, dan disempurnakan pada tahun 1970-an hingga tahun 1980-an. Periode Telnet dikembangkan ini adalah masa di mana internet belum diciptakan.

Maka Telnet sangat mengabaikan sistem enkripsi sebagai bentuk pengamanan seperti yang sudah umum digunakan pada saat ini. 

Bentuk pengamanan itu tidak hadir karena memang belum dibutuhkan pada masa Telnet dikembangkan, dan lagi karena komputer pada waktu itu masih banyak terhubung dalam jaringan lokal saja.

Perintah yang dikirim oleh Telnet dalam bentuk teks, benar-benar tidak terlindungi dan sangat mudah diketahui oleh pihak ketiga.

Mudahnya untuk diretas membuat para ahli banyak menganjurkan untuk tidak menggunakan Telnet pada jaringan komputer yang tersambung dengan internet

Sebagai alternatifnya para pengguna komputer yang ingin melakukan remote access dapat menggunakan Secure Shell atau SSH. Telnet dan SSH memiliki fungsi yang sama, perbedaannya hanya terdapat pada fitur keamanan SSH yang sudah dienkripsi.

Kita sudah mengerti nih apa itu Telnet? Beserta fungsi dan cara kerjanya. Namun Telnet itu tua dan outdated untuk masa kini.

Apabila kalian membutuhkan remote access yang lebih aman dan mudah untuk digunakan, aplikasi seperti TeamViewer dan AnyDesk bisa dicoba sebagai alternatif.


Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url