Susunan Kabel Straight dan Crossover yang Benar Sesuai Standar

UTP (Unshielded Twisted Pair) adalah kabel data yang digunakan untuk menghubungkan satu perangkat dengan perangkat lain dalam jaringan komputer. Susunan kabel straight dan crossover yang benar sesuai standar harus dipahami dalam model penyusunan kabel UTP.


Apa perbedaan kabel straight dan cross? Bagaimana susunan kabel straight dan crossover? Jika Anda ingin tahu jawabannya, maka lebih baik simak terlebih dahulu informasi lengkapnya melalui artikel ini!

Ini Dia Susunan Kabel Straight dan Crossover yang Benar Sesuai Standar

UTP harus disusun berdasarkan standar yang telah ditetapkan agar dapat berfungsi dengan baik. Model penyusunan UTP ada dua yaitu model susunan kabel straight dan crossover. Berikut ini penjelasan pengertian, fungsi, dan susunan masing-masing model sesuai standar.

1. Susunan Kabel Straight

Kabel straight adalah jenis kabel yang cara pemasangan atau penyusunannya harus sama antara ujung kabel yang satu dengan ujung kabel yang lainnya. Artinya, susunan warna kabel straight pada ujung konektor satu sama dengan susunan warna kabel straight pada ujung konektor dua.



Berikut ini susunan kabel straight yang benar sesuai standar, yaitu:

- Putih Orange

- Orange

- Putih Hijau

- Biru

- Putih Biru

- Hijau

- Putih Cokelat

- Cokelat

Kabel straight digunakan untuk menghubungkan berbagai perangkat atau device yang berbeda. Fungsi susunan kabel straight, yaitu:

- Menghubungkan komputer dengan switch jaringan

- Menghubungkan komputer dengan LAN

- Menghubungkan komputer dengan router jaringan

- Penghubung komputer dengan hub jaringan

- Penghubung switch dengan hub jaringan

- Menghubungkan switch dengan router jaringan

2. Susunan Kabel Crossover

Apa yang dimaksud susunan kabel crossover? Kabel crossover adalah jenis kabel yang memiliki susunan warna berbeda antara satu ujung dengan ujung lainnya. Jenis susunan kabel ini digunakan untuk menghubungkan device yang sama.


Urutan warna kabel cross antara ujung yang satu berbeda dengan ujung lainnya.

Susunan warna kabel crossover pada ujung yang pertama berdasarkan standar, yaitu:

- Putih orange

- Orange

- Putih Hijau

- Biru

- Putih Biru

- Hijau

- Putih Cokelat

- Cokelat

Susunan warna kabel crossover pada ujung kedua berdasarkan standar, yaitu:

- Putih Hijau

- Hijau

- Putih Orange

- Biru

- Putih Biru

- Orange

- Putih Cokelat

- Cokelat

Contoh aplikasi penggunaan susunan kabel crossover di atas, yaitu:

- Menghubungkan komputer dengan komputer

- Menghubungkan switch dengan switch

- Penghubung hub dengan hub

- Penghubung router dengan router

3. Perbedaan Susunan Kabel Straight dan Crossover

Apa perbedaan kabel straight dan cross? Perbedaan utama terletak pada susunan warnanya. Susunan warna pada kabel straight antara satu ujung konektor dengan ujung konektor lainnya sama.

Sementara itu susunan kabel crossover memiliki warna yang berbeda antara satu ujung konektor dengan ujung konektor lainnya.

Fungsi keduanya juga berbeda. Susunan kabel straight digunakan untuk menghubungkan device yang berbeda. Fungsi susunan kabel crossover berbeda dari straight yaitu dapat digunakan sebagai penghubung device yang sama.

Susunan kabel straight dan crossover yang benar sesuai standar di atas harus Anda ketahui agar tidak terjadi kesalahan ketika menghubungkan satu perangkat dengan perangkat lainnya dalam jaringan komputer.

Selain mengetahui perbedaan susunan kabel straight dan crossover pastikan juga untuk memasang dengan cara yang benar. Cari tahu panduan untuk memasangnya agar tidak terjadi kesalahan.


Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url