Pengertian dan Fungsi Motherboard pada Komputer

Pengertian dan Fungsi Motherboard pada Komputer - Kalau kamu diperintahkan untuk menyebutkan bagian yang paling penting dari sebuah komputer, kamu akan menyebutkan bagian yang mana? Monitor? Atau mungkin keyboard? Padahal, bagian yang paling penting dari komputer setelah CPU adalah motherboard. Kenapa harus motherboard? Apa itu motherboard?

Bagian-bagian motherboard

Mungkin bagi kamu yang masih baru dalam mempelajari dunia komputer, tentu akan merasa asing dengan bagian komputer yang satu ini. Motherboard sangat penting. Kalau CPU adalah otak, motherboard adalah tulang punggung dari komputer. Kenapa bisa motherboard sepenting itu? Berikut pembahasan seputar pengertian motherboard dan fungsinya.

Pengertian Motherboard

Apa itu motherboard? Pengertian motherboard adalah sebuah papan yang menjadi tempat terhubungnya berbagai macam komponen elektronik pada komputer. Berhubung papan ini menjadi papan utama tempat bertemunya komponen, sehingga papan ini disebut dengan papan induk atau dalam Bahasa Inggrisnya disebut dengan motherboard.

Gambaran bentuk dari motherboard ini, kalau kamu semasa kecil adalah anak yang suka utak-atik barang elektronik, seharusnya kamu tidak asing lagi dengn bentuk dari motherboard. Misal semasa kecil kamu pernah membongkar remot TV yang rusak dan menemukan papan besar yang banyak sekali melekat kabel-kabel di atasnya.

Seperti itulah kiranya bentukan dari motherboard. Motherboard pada komputer, lebih kompleks. Ini karena ada banyak sekali komponen elektronik yang melekat di atasnya. Itulah mengapa motherboard dikatakan sebagai tulang punggung dari komputer dan memegang peranan yang sangat penting.

Motherboard punya peranan dan fungsi yang besar. Apa saja fungsi-fungsinya, sehingga motherboard ini dikatakan sebagai bagian yang paling penting dari komputer setelah CPU? Berikut adalah pembahasannya.

Fungsi Motherboard

Berhubung dikatakan sebagai papan induk atau papan utama, fungsi motherbord sudah pasti banyak dan kompleks. Untuk fungsi dari motherboard akan tampak jelas ketika kamu tahu bagian-bagian utamanya. Setiap bagian yang ada pada motherboard punya fungsi dan peranannya masing-masing. Berikut adalah pembahasan seputar bagian-bagian motherboard.

Bagian-bagian Motherboard

Berikut adalah pembahasan dari bagian-bagian motherboard, sekaligus membahas fungsi dari motherboard itu sendiri.

1). Socket CPU

Bagian-bagian motherboard yang pertama, ada soket CPU. Sesuai dengan namanya, soket CPU adalah konektor yang menghubungkan antara motherboard dengan prosesor atau CPU. Soket CPU ini, dalam penggunaannya yang paling umum ada dua bagian. Ada LIF dan ZIF.

LIF adalah soket model lama yang merupakan singkatan dari kepanjangan Low Insertion Force. Adapun ZIF adalah singkatan dari Zero Insertion Force.

2). Konektor Power Supply Unit

Konektor ini adalah konektor yang menghubungkan power supply dengan motherboard. Fungsi dari power supply sendiri adalah untuk mengubah arus bolak balik. Disambungkan dengan motherboard, agar bisa bekerja dengan baik.

3). BIOS

BIOS ini adalah program dasar yang digunakan untuk sistem operasi. Bekerja dengan baik, jika disambungkan dengan motherboard.

4). North Bridge Controller

Fungsi utama dari NBC ini adalah untuk menghubungkan soket CPU, slot AGP, dan slot RAM. Komponen ini sangat penting pada motherboard.

5). South Bridge Controller

Mirip dengan NBC, SBC juga berfungsi untuk mengatur kinerja paeripheal pada komputer, sehingga SBC adalah komponen yang penting pada motherboard.

6). Slot RAM

Motherboard juga berfungsi untuk menyelipkan RAM pada papannya. Tiap RAM yang disisipkan, jenisnya berbeda-beda.

7). Complimentary Metal Oxide Semiconductor

CMOS adalah baterai yang melekat pada motherboard. Fungsinya yang penting ini, menjadikan CMOS adalah bagian yang termasuk cukup berharga dalam motherboard.

Nah, itulah tadi pembahasan mengenai pengertian dan fungsi motherboard pada komputer. Sebagai kesimpulan fungsi motherboard adalah sebagai tempat semua komponen-komponen penting dalam komputer berinteraksi dan bekerja. Jika tidak ada motherboard, komponen pada komputer sama saja tidak berguna.

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url