Perbedaan Rar dan Zip Dari Beberapa Aspek

Perbedaan Rar dan Zip Dari Beberapa Aspek - Pasti kalian tidak asing lagi dengan kompresi file, dan mungkin juga kalian sudah familiar dengan Rar dan Zip. Kedua tipe tersebut bertugas mengumpulkan beberapa file dalam satu berkas. Dengan adanya Rar dan Zip dapat mempermudah dalam memidahkan ataupun mengunduh suatu berkas.

Walaupun Rar dan Zip memiliki fungsi yang sama tetapi ada beberapa perbedaannya lho yang mungkin belum banyak diketahui. Sekarang kita akan mengulas perbedaan apa saja antara Rar dan Zip dari beberapa Aspek :

Kecepatan Dalam Mengompress File

Dari segi kecepatan disini Zip lebih unggul karena format zip memang didesain untuk melakukan kompress dengan kecepatan tinggi. Tapi tenang walaupun Zip mengandalkan kecepatan, hasil kompres nya pun telah dirancang sedemikian rupa agar file tidak rusak. Yah, bisa dibilang Zip lebih unggul dalam kecepatan walaupun namanya tidak sefamiliar RAR.

Batas Ukuran Kompresi

Nah, kalo dari segi batas ukuran Rar lebih unggul dibandingkan Zip. RAR memiliki kemampuan dapat menyimpan data sebesar 8.589.934.591 GB. Sedangkan Zip hanya mampu menkompress data sebesar 2 GB. Sungguh sangat jauh perbandinganya, jumlah tersebut jelas menjadi keunggulan yang sangat fantastis untuk RAR.

Selain itu, Format RAR juga dapat mengkompress file hingga 70% dari ukuran aslinya, sedangkan pada Zip hanya bisa mengkompress ukuran 60% saja dari ukuran aslinya.

Algoritma

Dari segi algoritma, keduanya menggunakan algoritma yang berbeda pada saat melakukan kompresi. Zip menggunakan algoritma Deflate sedangkan RAR menggunakan algoritma LZMA. Selain dari algortima nya, Kedua format ini juga diciptakan oleh orang yang berbeda. ZIP dibuat oleh Phil Katz dan RAR Dibuat Ileh Eugene Roshal.

Proses Ekstraksi

File berformat ZIP pada umumnya tidak perlu menggunakan aplikasi tambahan ketika ekstraksi. karena sudah banyak platform yang dapat mengekstraksnya. Seperti sistem operasi windows pada komputer maupun laptop. Bahkan hp juga bisa membuka file zip.

Sedangkan file yang berfotmat RAR. harus menggunakan aplikasi tambahan untuk membuka file nya. Sehingga kita harus mengintall terlebih dahulu aplikasinya.

Pengalaman pribadi saya ketika saya mendapatkan 2 file yang berbeda format. Di perangkat hp saya bisa membuka file Zip sedangkan Rar tidak bisa. Jelas Zip lebih memudahkan saya yang malas menginstall aplikasi yang kurang berguna dan akan memenuhi ruang penyimpanan.

Segi Keamanan

Kalo kita bahas dari sisi keamanan RAR lebih unggul karena kita dapat memproteksi dengan password hanya dengan menggunakan aplikasi Winrar. Sedangkan ZIP tidak bisa diberi password kecuali dengan aplikasi tambahan, Tentu lebih merepotkan. 

Sekian artikel Perbedaan Rar dan Zip Dari Beberapa Aspek. Semoga bisa bermanfaat. Terima kasih sudah bekunjung di Eltekno.
Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url