Sejarah Komputer Generasi Ke Empat Beserta Ciri-cirinya

Sejarah Komputer Generasi Ke Empat Beserta Ciri-cirinya -  Komputer adalah suatu perangkat yang digunakan manusia untuk membantu kegiatan sehari-hari. Banyak sekali manfaat dari komputer seperti mengerjakan tugas sekolah, pekerjaan kantor dll. 

Maka dari itu kehadiran komputer sangat berdampak pada kehidupan dan aktifitas keseharian manusia. Tidak dapat dipungkiri kehidupan manusia sekarang sangat bergantung kepada komputer. Sebagai contoh jaman sekarang sudah jarang sekali buku catatan di perkantoran, rata rata sudah menyimpanya di komputer. Selain praktis, data nya juga aman dan tidak akan hilang.

Sejarah Komputer Generasi Ke Empat Beserta Ciri-cirinya


Sejarah komputer sangat panjang lho mulai dari generasi pertama sampai generasi kelima. Pada artikel ini saya tidak akan menjelaskan sejarah komputer dari generasi pertama melainkan fokus pada penjelasan komputer generasi ke empat.

Komputer Generasi Keempat

Pada generasi sebelumnya komputer memiliki ukuran yang sangat besar, maka pada generasi ini terdapat peningkatan pada bentuknya yaitu semakin kecil dan ringkas yang tentunya tidak memakan banyak tempat.

Apabila dibandingkan dengan komputer generasi pertama jelas sangat terlihat sekali perbedaanya. Karena pada komputer generasi pertama masih menggunakan tabung sebagai komponen utamanya.

Setelah dilakukan penelitian, ternyata tabung vakum memiliki banyak sekali kekurangan dari segala aspek pembuatan komputer. maka dari itu para ahli teknologi berlomba-lomba untuk menemukan atau membuat komputer yang efektif dan efisien. 

Nah, sampai generasi keempat mulailah ditemukan teknologi yang dinamakan microprosessor. Maka dari itu ukuran komputernya pun ikut mengecil sesuai dengan ukuran prosesornya atau mesin dari komputer itu sendiri.

Sejarah Komputer Genrasi Keempat

Tahukan kamu bahwa sekarang ini kita sudah menggunakan komputer generasi ke empat ? Yup, Sekarang kita sedang merasakan kecanggihan komputer generasi keempat. Dimana pada komputer generasi ini menggunakan Microprosessor sebagai komponen utamanya..

Microprossor yang digunakan berbentuk Chip yang mempunyai ribuan transistor didalamnya dan berbagai macam elemen sirkuit. Yang dimana semua elemen tersebut telah terhubung menjadi satu kesatuan.

Perusahaan intel merupakan vendor yang paling berpengaruh terhadap perkembangan chip microprosesor. Karena perusahaan intel yang berhasil menciptakan intel 4004 Chip. Yang merupakan langkah pertama dari perkembangan komputer.

Selain itu Intel juga sudah berhasil menggantikan komputer yang bentuknya sangat besar menjadi komputer yang sangat kecil dan penggunaanya pun sangat efektif. Pada tahun 1971 perusahaan IBM juga sudah menciptakan komputer yang didesain dapat digunakan orang kalangan rumahan.

Perusahaan apple juga tidak mau kalah, Apple menciptakan komputer buatanya yang diberi nama Macinthos pada tahun 1984. Macinthos ini adalah sistem yang sama seperti windows yang berfungsi untuk mengoperasikan komputer.

Perkembangan teknologi ini masih terus berlanjut dari tahun ke tahun, hingga terlahirnya sebuah jaringan komputer yang dapat menghubungkan komputer di seluruh dunia atau disebut dengan internet. Sampai sekarang internet juga terus berkembang dalam kecepatan prosesnya.

Ciri Ciri Komputer Generasi KeEmpat

Ciri-ciri komputer generasi keempat antara lain:

  • Menggunakan LSI (Large Scale Integration)
  • Komputer mikro yang menggunakan semi konduktor.
  • Menggunakan Microprosessor yang memiliki bentuk berupa Chip untuk memorinya.
  • Bentuknya kecil dan ringkas
  • Proses pengoperasianya tergolong cepat
  • Sudah bisa terhubung dengan komputer lain

Perkembangan Komputer Generasi Keempat

Dibandingkan dengan generasi sebelumnya, komputer generasi keempat ini memiliki kemajuan yang sangat pesat. Seperti telah ditemukan teknologi GUI (Graphical User Interface) dimana kita bisa meligat tampilan grafisnya. Bahkan kompyter generasi keempat sudah bisa dibawa kemana-mana contohnya laptop, notebook.

Penggunaan LSI (Large Scale Integration) atau sering disebut Bipolar Large Scale Integration. LSI ini adalah pemadatan ribuan komponen IC yang dijadikan satu keping IC yang dinamakan dengan Chip.

Baca Juga : Macam Macam Komponen Prosessor

LSI tersebut kemudian dikembangkan lagi menjadi VLSI (Very Large Scale Integration) dimana teknologi VLSI ini dapat menampung lebih banyak IC melebihi teknologi LSI. Kurang lebih VLSI dapat menampung ratusan ribu IC dalam satu kepingan.

Terakhir telah dikembangkan menjadi mikro prosessor yang menggunakan semi konduktor. Bentuknya sama berupa Chip juga tetapi teknologi ini dapat sekaligus menjadi penyimpanan sementara komputer. 

Pada tahun 1972 perusahaan intel sudah berhasil menciptakan mikrokomputer bernilai 4 bit, yang mereka namai dengan 4004 memiliki 230 transistor dan dapat berjalan di 108KHz. Pengoprasianya tergolong cepat karena dapat mengeksekusi sampai dengan 60.000 operasi per detik.

Dilanjutkan pada tahun 1974, perusahaan intel berhasil mengembangkan teknologinya dan berhasil merilis 8008 yang bernilai 8 bit.

Komputer yang terdapat pada generasi keempat

  • Apple II
  • IBM 370
  • Visi Calc
  • Apple I PDP-11
  • Komputer yang menggunakan prosessor Intel 8008
Sekian artikel yang bisa saya sampaikan mengenai Sejarah Komputer Generasi Ke Empat Beserta Ciri-cirinya. Semoga bermanfaat, Terima Kasih.


Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url