Apa itu Bluescreen ? Penyebab, dan Cara Mengatasi Bluescreen

Pengertian Bluescreen


BSOD (Bluescreen of Death) atau yang familiar dengan sebutan bluescreen merupakan permasalahan yang sering terjadi oleh pengguna Windows. Bluescreen ini disebabkan oleh kerusakan pada software maupun hardware.

Dengan adanya bluescreen ini para teknisi dapat mengetahui bagian mana yang mengalami masalah. Tentunya kerusakan ini berbeda dengan error lag maupun hang. Masalah bluescreen ini dapat dikategorikan sebagai kerusakan fatal yang mengakibatkan sistem tidak dapat berjalan dengan baik. Biasanya bluescreen tiba-tiba muncul ketika sedang mengoperasikan komputer maupun sedang bermain game.

Bagi orang awam mereka langsung kebingungan karena tampilan layar tiba-tiba menjadi biru dengan tulisan layar. Bluescreen ini memiliki beberapa penyebabnya sebagai berikut :

Penyebab Bluescreen

Penyebab bluescreen pada komputer dapat terjadi oleh beberapa faktor diantaranya adalah :

  • Kerusakan pada driver : kerusakan ini biasanya terjadi karena tidak dapat mendeteksi perangkat baru yang terhubung maka driver mengalami crash.
  • Overclock berlebihan : kalo kamu belum tau overclock, overclock adalah suatu cara yang dilakukan guna dapat mengacu perangkat dapat berjalan lebih cepat dari kemampuan standar.
  • Bios Mengalami corrupt
  • Suhu komputer terlalu panas sehingga sistem operasi tidak dapat berjalan normal
  • Terdapat kerusakan pada partisi. Partisi yang dimaksud adalah partisi sistem, biasanya kalo di windows, system C
  • Salah pada saat menginstall sistem operasi juga salah satu penyebab bluescreen.
  • Terjadi kesalahan pada instalasi driver VGA
  • Virus Boot Sector

Cara mengatasi Bluescreen

Karena sudah tau penyebab dari bluescreen apa saja, sekarang saatnya untuk membahas cara mengatasi bluescreen :

1. Update Driver
Cara pertama yang bisa kamu lakukan adalah update driver, karena salah satu penyebab nya adalah driver yang sudah usang. Kamu bisa mengupdate driver di menu control panel.

2. Scan Dengan Anti Virus
Sekarang sudah banyak sekali anti virus yang dapat kamu gunakan untuk melindungi komputer kamu dari serangan virus berbahaya. Virus menyerang sistem operasi yang mengganggu kinerja komputer kamu bahkan sampai bluescreen. Kalo kamu tidak mempunyai aplikasi antivirus, Windows Security juga bisa diandalkan kok.

3. Melakukan System Restore
Cara ini yang sering saya gunakan kalo terjadi bluescreen pada komputer. Karena cara ini tergolong ampuh dengan melakukan system restore akan membuat kompyter kamu ke keadaan sebelumnya. Tapi kalo cara ini belum berhasil maka kemungkinan terjadi kerusakan pada perangkat keras (hardware).

4. Mengecek Kesalahan Pada Perangkat Keras (Hardware)
Lanjutan dari tahap diatas, kamu bisa mengecek kerusakan hardware menu "Memory Diagnotics Tool" dengan mengetikannya pada start menu.

5. Masuk ke Safe Mode
Jika komputer kamu langsung bluescreen pada saat dinyalakan, bisa masuk ke safe mode terlebih dahulu. Setelah masuk Safe Mode kamu bisa mengapusu driver yang mengakibatkan komputer kamu bluescreen.

6. Install Ulang
Jika seluruh cara sudah dilakukan tapi belum bisa juga, install ulang adalah cara terakhirnya. Cara ini akan membuat sistem terbangun dari awal dimana belum terjadi kerusakan apapun. Jika cara ini masih belum berhasil juga berarti perangkat keras komputernya bermasalah.

Sekian artikel yang dapat saya bagikan, semoga bermanfaat. Jika ada yang belum jelas bisa ditanyakan dikomentar, Terima Kasih.

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url