Pengertian Lengkap RPM pada Harddisk Beserta Cara Mengetahui RPM Harddisk Kalian

Pengertian RPM Harddisk - RPM kepanjangan dari Revolutions Per Minute. Istilah RPM banyak digunakan di berbagai mesin seperti dinamo, motor, mobil, dll. Tapi kali ini kita akan membahas RPM pada harddisk.

Pengertian Lengkap RPM pada Harddisk Beserta Cara Mengetahui RPM Harddisk Kalian
Pengertian Lengkap RPM pada Harddisk Beserta Cara Mengetahui RPM Harddisk Kalian


Media penyimpanan satu ini yang paling banyak digunakan pada era saat ini, karena kapasitas besar dan yang terpenting memiliki kecepatan transfer data tinggi yang mampu memenuhi ekspetasi pengguna. Perusahaan teknologi jugas sedang berlomba-lomba mengeluarkan Harddisk berkualitas tinggi dan cepat. Nah, kita bisa melihat seberapa cepat harddisk dengan cara mengetahui RPM-nya.

Apa Itu RPM Harddisk?

Untuk mempermudah dalam memahaminya saya akan menjelaskan RPM & Harddisk itu sendiri :
  • RPM (Revolutions Per Minute) adalah putaran yang terjadi pada mesin dalam 1 menit.
  • Harddisk adalah perangkat keras yang berfungsi sebagai media penyimpanan komputer itu sendiri.
Jadi kalo kita gabung RPM Hardisk adalah Putaran yang terjadi pada media penyimpanan komputer dalam satu menit yang mana menentukan kecepatan pemprosesan data. Prinsipnya semakin cepat putaran yang terjadi pada harddisk maka semakin cepat pula data yang dibaca oleh head harddisk.


Rata-rata kemampuan harddisk membaca data sekitar 5.400 RPM dan 7.200 RPM. Namun sekarang para produsen harddisk sedang berlomba-lomba mengeluarkan harddisk yang memiliki kecepatan 10.000 RPM.

Cara Mengetahui RPM Hardisk

Ada beberapa cara untuk mengetahui kecepatan Harddisk (RPM) yang bisa kamu lakukan. Berikut adalah cara-cara nya :

1. Label Harddisk

Cara ini bisa kalian lakukan ketika hendak membeli harddisk secara langsung, karena kamu bisa melihat harddisk tersebut secara langsung.

Label RPM Harddisk
Label RPM Harddisk

Sebenarnya tidak ada standard penempatan informasi RPM tersebut. maka dari itu kamu harus jeli dalam melihat informasi dalam spesifikasi nya. Tapi cara ini tidak bisa kamu lakukan jika ingin melihat informasi RPM harddisk Laptop. Ribet harus membongkar laptop nya dahulu, Tenang kita ada cara kedua.

2. Informasi Di Internet

Yap, cara ini yang sering dilakukan kebanyakan orang karena Simple, Cepat, & Anti ribet. kalian hanya perlu membuka search engine browser lalu mengetik spesifikasi harddisk tersebut. 

Spesifikasi Harddisk Via Internet
Spesifikasi Harddisk Melalui Internet

Namun cara ini memiliki kelemahan apabila harddisk yang hendak kita cek kurang familiar. jadi opsi kedua ini mungkin masih sulit dilakukan di beberapa tipe harddisk

3. Via Software

Cara ketiga ini merupakan cara paling ampuh jika harddisk yang hendak dicek sudah terpasang pada komputer kalian. ada beberapa aplikasi yang bisa digunakan untuk mengecek RPM seperti Crystal Disk Info, Hdd Sentine, Dll.

Mengecek RPM Harddisk Melalui Aplikasi
Vek RPM Harddisk Via Software

Supaya tidak ribet mencari lagi, saya kasih link download jika kamu ingin menggunakan cara ketiga. Klik Disini.

Sekian dulu yang dapat saya sampaikan mengenai Pengertian Lengkap RPM pada Harddisk Beserta Cara Mengetahui RPM Harddisk. Semoga Bermanfaat, Terima Kasih
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url