Apa Yang Dimaksud Dengan Topologi Ring, Beserta Kelebihan Dan Kekurangan nya

Apa Yang Dimaksud Dengan Topologi Ring, Kelebihan Dan Kekurangan nya

Topologi Ring - Pada topologi jaringan, metodenya sendiri terbagi menjadi beberapa jenis yaitu topologi ring, star, bus, tree dan mesh.Masing-masing topologi ini memiliki kelebihan dan kekurangan yang berbeda. Oleh karena itu, sebelum memutuskan topologi jaringan mana yang akan digunakan, jenis yang berbeda harus ditentukan terlebih dahulu. Kali ini kami akan menjelaskan salah satu jenis topologi yang akan dibahas pada Topologi. Cincinnya lebih dalam. Dengan cara ini, Anda dapat memahami tampilannya, fungsi yang disediakannya, serta pro dan kontra penggunaan topologi jaringan. 

Perngertian Topologi Ring

Definisikan topologi ring Definisikan topologi ring: prinsip kerja, kelebihan dan kekurangannya 

Pengertian/Definisi

Topologi ring adalah topologi jaringan yang berbentuk rantai. Sirkuit tersebut terhubung ke dua titik lainnya. Ini akan membuat jalur melingkar melingkar. Kabel yang digunakan dalam topologi ring ini adalah kabel BNC, sehingga tidak diakhiri dan oleh karena itu tidak memerlukan terminator apa pun. Sayangnya, topologi ini secara bertahap ditinggalkan.

Prinsip Kerja

Topologi jaringan bekerja sedemikian rupa sehingga menjadi repeater sebelum atau sesudah node, yaitu penguat sinyal untuk node lain. Artinya setiap perangkat di komputer dapat bekerja sama, sehingga Anda dapat menerima sinyal dari komputer lama. Kemudian lanjutkan untuk mengikat simpul.

Kelebihan Topologi Ring

  1. Biaya untuk instalasinya cenderung murah
  2. Performa koneksi cukup baik
  3. Proses instalasi dan konfigurasi cukup mudah
  4. Implementasinya mudah dilakukan

Kekurangan Topologi Ring

  1. Jika terjadi masalah, troubleshooting jaringan ini terhitung rumit
  2. Pada jaringan ini tabrakan arus data sangat rentan terjadi
  3. Koneksi pada jaringan akan terputus jika salah satu koneksi bermasalah
Berikut adalah Pengertian, Prinsip Kerja, Kelebihan dan Kekurangan Topologi Ring. Dengan pemikiran ini, pengguna perlu mengetahui apa yang harus dilakukan untuk mengatasi kekurangan dari topologi ring ini. Selain itu, mereka berharap dengan memahami pentingnya topologi ring, mereka dapat lebih memahami prinsip kerja jaringan.


Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url