Cara Install Linux CentOS 7 di Virtual Box Beserta Penjelasanya

Cara Install Linux CentOS 7 di Virtual Box Beserta Penjelasanya

Cara Install Linux CentOS 7 di Virtual Box Beserta Penjelasanya - Pada bulan Juni 2006, para pengembang utama distro Tao Linux, kloning RHEL, mengumumkan bahwa mereka akan menghentikan proyek tersebut dan menggantinya menjadi CentOS development. Para pengguna Tao linux kemudian bermigrasi menggunakan rilis CentOS menggunakan "yum update"

Di bulan Juli 2009, baru diketahui bahwa pendiri CentOS, Lance Davis, telah menghilang sejak 2008. Lance Davis telah menghentikan kontribusinya terhadap proyek tersebut, namun tetap memegang kewenangan atas registrasi domain CentOS dan akun PayPal. Pada bulan Agustus 2009, Tim CentOS melaporkan telah berhasil menghubungi Davis dan mengambil alih kewenangan atas domain centos.info dan centos.org

Di Bulan Juli 2010, popularitas CentOS meningkat tajam melompati Debian sebagai distribusi linux terpopuler untuk server web, digunakan hampir 30% dari total keseluruhan server web berbasis linux. Walaupun begitu,Debian mendapatkan kembali posisinya pada Januari 2012.

Oracle VM VirtualBox adalah perangkat lunak virtualisasi, yang dapat digunakan untuk mengeksekusi sistem operasi "tambahan" di dalam sistem operasi "utama". Sebagai contoh, jika seseorang mempunyai sistem operasi MS Windows yang terpasang di komputernya, maka seseorang tersebut dapat pula menjalankan sistem operasi lain yang diinginkan di dalam sistem operasi MS Windows

Fungsi ini sangat penting jika seseorang ingin melakukan ujicoba dan simulasi instalasi suatu sistem tanpa harus kehilangan sistem yang ada. Aplikasi dengan fungsi sejenis VirtualBox lainnya adalah VMware dan Microsoft Virtual PC.

Cara Install Linux CentOS di Virtual Box

1. Download file iso linux dari URL: https://luthfanhp.akakom.ac.id/download/CentOS-7-x86_64- Minimal-1611.iso, copy (download) file iso di komputer masing-masing

2. Setelah VirtualBox terbuka, silahkan Klik ikon New. Langkah ini akan memandu anda untuk membuat virtual baru.
 

3. Pada menu create virtual machine tulis name linux CentOS atau nama OS yang akan di install. Kemudian klik Create


4. Kemudian akan muncul kembali menu create virtual hardisk. Secara otomatis pada harddisk type akan memilih VDI (VirtualBox Disk Image) dan pada storage on physical hard disk akan memilih dynamically allocated.


5. Selanjutnya ke menu setting, pilih storage kemudian pada disk yang masih kosong (empty) klik, lalu pada attributes pada nama pilih opsi choose virtual optical disk file.    


6. Pilih file ISO yang sudah didownload kemudian klik open


7. Berikut file yang sudah dipiih masuk kedalam disk. Klik button ok untuk melanjutkan langkah selanjutnya
 

8. Kemudian setting pada menu network, pada adapter 1  pada attached to pilih bridged adapter. Kemudian klik OK


9. Jalankan virtual machine, dengan klik tombol start


10. Jika file ISO terbaca Proces instalasi linux centOS 7 dimulai. Kemudian muncul tampilan seperti berikut berarti setup virtual machine sudah berhasil.

Itu dia cara install centos di virtual box. semoga membantu, kalo ada error atau gagal bisa bertanya dikolom komentar, jangan lupa centang notify me biar nanti ada pemberitahuan kalo komentarnya udah dibalas.. makasih ya udah mampir 
Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url