Kelebihan dan kekurangan Cloud Computing beserta Penjelasan

Kelebihan dan Kekurangan Cloud Computing – Kali ini saya akan membahas apa saja kelebihan dan kekurangan cloud computing beserta pengertian cloud computing. Mungkin kata Cloud Computing masih awam, bahkan belum pernah mendengarnya. Namun dalam perusahaan, cloud computing sudah dijadikan sebagai fitur penting yang harus dimiliki perusahaan apalagi perusahaan yang bergerak di bidang IT. Seiring perkembangan jaman penggunaan cloud computing semakin menyebar luas. Saya yakin bahwa sobat pernah menggunakan fitur cloud computing namun tidak menyadarinya.

Kelebihan dan kekurangan Cloud Computing beserta Penjelasan

Cloud Computing bila kita terjemahkan ke dalam bahasa Indonesia menjadi Komputasi Awan. Secara umum Cloud Computing adalah pemanfaatan teknologi yang dapat memungkinkan client dapat mengakses layanan yang diberikan server asalkan client terhubung ke jaringan internet. Dibalik keunggulaan cloud computing terdapat kelemahan yang cukup berbahaya yaitu serangan hacker. Ya, karena cloud computing menggunakan koneksi internet maka menimbulkan celah keamanan yang dimanfaatkan hacker untuk mengambil data pengguna.


Dari namanya kita bisa mendefinisikan “Cloud” artinya awan, dalam dunia IT awan diartikan sebagai internet. Nah, dalam cloud computing, Internet disini dijadikan sebagai perantara client dengan server. “Computing” artinya Komputasi/menjalankan tugas komputer. Jadi “Cloud Computing” adalah menjalankan tugas komputer dengan perantara internet. Gimana ? tambah bingung ya ? oke saya akan memberikan contoh kasusnya.

Contoh kasus penggunaan Cloud Computing
Saya mendadak mendapat tugas untuk membuat spanduk, namun dikomputer saya belum terinstall aplikasi photoshop. Kalo mau diinstall dulu akan membutuhkan waktu lama sedangkan deadlinenya mepet. Nah, Pemecahan masalah yang paling bagus adalah menggunakan cloud computing, jadi saya mengakses website photoshop untuk menjalankan aplikasi photoshop tanpa harus menginstall di komputer. Syaratnya Cuma satu yaitu mempunyai koneksi internet. Berikut adalah link website penggunaan cloud computing https://www.photoshop.com/tools. Sekarang harusnya sudah paham dong apa itu cloud computing.

Owh iya, Cloud Computing tidak hanya tentang software namun cloud computing juga digunakan sebagai penyimpanan data. Jadi kita membackup penyimpanan hardisk ke server cloud computing. Jika tiba-tiba hardisk kita rusak, data yang berada di harddisk masih bisa diakses asalkan komputer terhubung dengan Internet.

Kelebihan dan Kekurangan Cloud Computing

Kelebihan Cloud Computing

1. Mudah Diakses
Data terpusat pada server sehingga pengguna dapat mengakses kapanpun dan dimanapun asalkan terhubung dengan internet.

2. Murah
Cloud computing tergolong hemat karena tidak membutuhkan hardware khusus. Selain itu cloud computing juga tidak membutuhkan maintanance.

3. Ramah Lingkungan
Teknologi cloud computing tidak membutuhkan banyak perangkat keras sehingga dapat menghemat tempat. Disisi lain cloud computing dapat meminimalisir penggunaan listrik, tentunya akan berdampak positif pada lingkungan.

4. Fleksibel
Dapat melakukan self-provisioning. Self-Provisioning adalah fitur cloud computing yang berfungsi menambahkan kapasitas penyimpanan data secara otomatis dalam waktu singkat. Dengan adanya fitur ini perusahaan tidak perlu menambahkan jumlah komputer.

5. Menciptakan lapangan kerja baru
Application developer dan praktisi yang bergerak di bidang IT dapat membuka jasa pengembangan teknologi cloud computing.

6. Penggunaan
Karena hanya menggunakan internet, penggunaan layananan perusahaan mengalami peningkatan yang signifikan.

7. Bagi pengguna (User)
User tidak mengkhawatirkan kerusakan atau trouble. Karena sepenuhnya diatasi oleh pihak perusahaan, atau jasa praktisi yang telah disewa.

8. Bagi Perusahaan
Aplikasi atau layanan yang dimiliki terdistribusi dengan baik. Lebih efektif digunakan pada era modern seperti sekarang ini.

9. Bagi Pebisnis di bidang infrastruktur
Penggunaan bandwidth internet meningkat karena semua kegiatan cloud computing menggunakan koneksi internet. Sehingga menciptakan peluang besar bagi pelaku bisnis yang menyediakan koneksi internet.

Kekurangan Cloud Computing

1. Tergantung Pada koneksi Internet
Internet memiliki peran penting atas berlangsungnya kerja cloud computing. Apabila koneksi internet mati maka cloud computing tidak bisa dijalankan.

2. Data rawan hilang
Kurang aman karena data pengguna (user) ditempatkan pada hosting yang digunakan bersama-sama dengan pengguna lainya. Sehingga data mudah diretas oleh hacker.

3. Kurangnya pemahaman user
Banyak sekali yang belum mengetahui teknologi ini karena minimnya pelatihan atau seminar IT yang membahas cloud computing.

4. Sistem Backup buruk
Ketika data pengguna hilang, kemungkinan data tersebut kembali sangat kecil. Bahkan data yang hilang tidak akan kembali.

Nah, itulah kelebihan dan kekurangan cloud computing yang telah penulis paparkan. Semoga artikel ini bermanfaat. Kunjungi terus blog ini, masih banyak lagi artikel baru yang akan penulis jabarkan secara rinci.
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url