Kelebihan dan Kekurangan Jaringan Client Server

Kelebihan dan Kekurangan jaringan Client Server – Dalam jaringan komputer peranan/hubungan tiap komputer dibagi menjadi dua jenis yaitu Jaringan Client server dan Jaringan peer to peer. Sesuai dengan judul, saya hanya akan mengulas kelebihan dan kekurangan jaringan Client Server.

Sebelum kita membahas keuntungan dan kerugian jaringan client server, saya akan menjelaskan sedikit pengertian jaringan client server. Di bawah ini anda bisa lihat topologi client server.


Client Server adalah sebuah jaringan yang terdiri dari dua atau lebih komputer yang berpusat pada satu komputer utama atau biasa disebut server. Dalam jaringan ini memiliki dua komponen utama yaitu server dan client.
Apa itu server ?
Server adalah komputer yang memberikan fasilitas atau melayani komputer lainnya di dalam jaringan. Server yang di implementasikan pada tipe jaringan client server sering disebut Dedicated Server karena berperan sepenuhnya dalam jaringan tersebut.
Apa itu Client  ?
Client adalah komputer yang dilayani atau menerima fasilitas yang telah diberikan oleh server. Cara kerja client adalah mengirim request permintaan kepada server lalu menunggu balesan dari server.

Oke sekarang sobat sudah tau kan pengertian jaringan Client Server, selanjutnya saya akan masuk ke topik utama (Kelebihan dan Kekurangan Jaringan Client Server)

Kelebihan dan Kekurangan Jaringan Client Server

Kelebihan Jaringan Client Server


  • Backup data terpusat pada server

Seluruh data yang yang dibutuhkan client, sudah tersimpan menjadi satu pada penyimpanan/database server. Jika client membutuhkan data tersebut maka client akan mengirimkan pesan request kepada server.

  • Kontrol Terpusat pada server

Selain data yang yang terpusat, server juga mengontrol seluruh client. Segala urusan client ditanggung oleh server contohnya keamanan komputer client telah di setting oleh server.

  • Skalabilitas

Server yang digunakan telah dipersiapkan untuk masa yang akan datang. Seperti spesifikasi komputer server yang dirancang untuk jangka panjang. Misal server bisa melayani seluruh client hanya dengan menggunakan prosesor core i3, tetapi kita menggunakan prosesor core i7 bertujuan untuk jaga-jaga apabila ada penambahan jumlah client.

  • Troubleshooting mudah

Server akan memonitoring keberlangsungan jaringanya. Sehingga jika ada kerusakan yang terjadi, server akan cepat mengetahui kerusakan tersebut.

  • Lalu lintas data berjalan dengan baik

Sama seperti nomer 4, karena adanya sistem monitoring sehingga cepat dalam mengatasi masalah maka lalu lintas data akan berjalan dengan baik.
Baca Juga : Pengertian dan Perbedaan Jaringan Client Server dan Peer to Peer Lengkap

Kekurangan Jaringan Client Server


  • Biaya mahal

Karena pada jaringan client server membutuhkan server khusus yang spesifikasinya lebih tinggi dari client. Maka kita harus membayar lebih untuk membeli hardware server.

  • Memerlukan pengawasan secara berkala

Seorang admin yang bertugas mengurus server harus memonitoring jaringanya secara berkala untuk memastikan jaringan berjalan dengan baik.

  • Memerlukan admin handal

Karena tugasnya memonitoring dan melakukan troubleshoot, tidak sembarang orang bisa melakukan tugas tersebut. Maka dalam pengimplementasian jaringan client server kita memerlukan admin yang profesional di bidangnya.

  • Memerlukan ruangan khusus

Server pada jaringan client server tidak boleh dimatikan, harus menyala 24jam. Tentunya kita membutuhkan ruangan khusus biasanya ruangan ber-AC agar server tidak kepanasan (overheat)

  • Harus menggunakan komputer yang spesifikasinya lebih tinggi dari client

Agar server dapat melayani permintaan client dengan cepat, maka komputer server harus berspesifikasi tinggi.
Baca Juga : Kelebihan dan Kekurangan Peer to Peer

Kesimpulan

Jadi, jaringan client server adalah jaringan komputer yang mempunyai dua komponen utama yaitu client dan server. Server memberikan fasilitas sedangkan client menerima fasilitas. Manfaat client server yaitu memfasilitasi, sharing data kepada client menjadi terjamin keamananya. Jaringan client server juga dapat meminimaliris resiko kehilangan data sebab datanya terpusat dan tersimpan rapi pada server.

Demikian artikel saya tentang pengertian jaringan client server, kelebihan dan kekurangan jaringan client server. Semoga bermanfaat.

Terima Kasih

Next Post Previous Post
1 Comments
  • Shikamaru Nara
    Shikamaru Nara July 4, 2019 at 2:00 PM

    good job min
    alat pemisah lcd

Add Comment
comment url