Training MTCNA (MikroTik Certified Network Associate)

Assalamualaikum Wr. Wb.

Kali ini saya akan memposting tentang kegiatan training MTCNA (Mikrotik Certified Network Associate) pada hari ini yang dibawakan oleh Mr. Ziad Sobri

A. Pengertian

MTCNA kependekan dari Mikrotik Certified Network Associate, Training MTCNA (Mikrotik Certified Network Associate) bertujuan untuk mengetahui tentanng penggunaan RouterOS software dan Routerboard yang diciptakan oleh Mikrotik. Sebelum Masuk Ke materi MTCNA (Mikrotik Certified Network Associate) Kita harus menguasai Network Fundamental yang dijadikan sebagai modal kita untuk measuk ke dalam materi Training MTCNA (Mikrotik Certified Network Associate).

B. Latar Belakang
Materi yang dibahas disini masih tergolong dasar dari penggunaan mikrotik. Setelah selesai kelas MTCNA, bisa dilanjutkan ke kelas MTCRE yang mengupas tentang Routing beserta cara mengatasi masalahnya, jika terjadi masalah pada saat konfigurasi.

C. Maksud dan Tujuan
Menguasai tentang fitur dari mikrotik, dan bisa mengkonfigurasi Client ke Internet, sekaligus bisa melakukan Troubleshooting apabila ada masalah dalam jaringan.

D. Pembahasan

Perkembangan jaman sekarang sertifikasi merupakan jalan yang bisa diambil untuk meningkatkan pengetahuan, pada postingan kali ini saya akan membahas tentang sertifikasi dalam bidang Networking. Dalam bidang Network banyak sekali vendor yang mengeluarkan sertifikasi, Vendor yang mengeluarkan sertifikat untuk para engineer nya adalah Mkrotik, Cisco, Juniper, dll.

Nah, kali ini saya akan membahas tentang seritifikasi MTCNA (Mikrotik Certified Network Associate) yang dikeluarkan oleh vendor Mikrotik.
Materi yang di bahas di MTCNA meliputi sebagai berikut :
Module 1 : Introduction
Module 2 : DHCP
Module 3 : Bridging
Module 4 : Routing
Module 5 : Wireless
Module 6 : Firewall
Module 7 : QOS
Module 8 : Tunnels
Module 9 : Misc
Diatas adalah berbagai materi yang akan dikupas dalam sertifikasi MTCNA, Jika seluruh materi telah dibahas maka akan dilanjutkan ke ujian sertifikasi yang akan di ujikan dengan 25 soal yang harus dikerjakan dalam 60 menit. Soal yang disajikan menggunakan bahasa inggris.

Ketentuan kelulusan dalam ujian MTCNA dengan nilai minimal 60 %, jika nilai anda 50%-59% maka anda diberikan kesempatan second chance yang langsung dikerjakan kembali. dalam mengerjakan soal kita jangan terburu-buru submit karena soal yang disajikan banyak yang mengecoh, oleh karena itu kita harus fokus dan konsentrasi dalam mengerjakan.

semoga artikel ini membantu dan membuat kalian percaya diri untuk mengikuti sertifikasi MTCNA.

E. Kesimpulan
Jadi Sertifikasi sangat membatu jika kita ingin masuk ke dalam bidang tertentu, salah satunya di bidang Network.

Sekian artikel dari saya jika ada yang kurang jelas silahkan bertanya. Bisa di komentar atau bisa kirim pesan di kolom contact.

Wassalamualaikum Wr. Wb.
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url