Apa Itu CMS ?

Assalamualaikum Wr. Wb.

Kali ini saya akan memposting tentang pengertian secara singkat CMS, Manfaat dari CMS

A. Pengertian
CMS kependekan dari Content Management System. CMS merupakan sebuah aplikasi web atau software web yang tujuannya untuk memudahkan dalam pengelolaan (upload,edit,menambahkan,dll) konten dalam sebuah website/blog/aplikasi web tanpa harus dibekali pengetahuan tentang hal-hal yang bersifat teknis tanpa harus memiliki pengetahuan tentang bahasa pemrograman web.
B. Latar Belakang
Kita bisa menggunakan cms tanpa harus menggunakan bahasa pemrograman.

C. Maksud Dan Tujuan
CMS bertujuan memberikan kemudahan kepada penulis untuk mengelola informasi yg ada di sebuah server tanpa harus tahu sebelumnya tentang segala hal yg bersifat teknis. dengan berbagai keunggulan yg dimiliki, CMS memungkinkan penulis untuk dapat mengubah tampilan situs (warna, huruf, gambar, dll) tanpa harus mengubah isi/ konten/ berita/ teks yg ada di dalamnya.

D. Pembahasan
Manfaat Menggunakan CMS
  • Managemen data: merupakan fungsi utama CMS, semua data/ informasi baik yg telah ditampilkan atupun yg belum dapat diorganisasikan dan disimpan secara baik.  
  • Mengatur siklus hidup server: banyak CMS memberikan fasilitas kepada para penggunanya untuk mengelola bagian atau isi mana saja yg akan ditampilkan masa/ waktu penampilan dan lokasi penampilan di server.
  • Mendukung web templating dan standarisasi: setiap halaman server yg dihasilkan berasal dari template yg terlebih dahulu disediakan oleh CMS.
  • Personalisasi server: setelah sebuah isi ditempatkan kedalam CMS, isi tersebut dapat ditampilkan sesuai keinginan dan kebutuhan penggunanya.
  •  Sindikasi: memberikan kemungkinan kepada semua server membagi isinya pada server-server lain.
  • Akuntabilitas: mendukung alur kerja dan hak akses yg jelas kepada para penggunanya, data/ informasi yg disampaikan dapat dipertanggung jawabkan dengan baik.
E. Kesimpulan
Jadi CMS adalah Perangkat lunak yang menampilkan Web yang dalam mengedit nya anda tidak perlu menggunakan bahasa pemrograman

Sekian Penjelasan dari saya jika ada yang kurang jelas silahkan bertanya di komentar.

Wassalamualaikum Wr. Wb.
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url