Troubleshooting process Pada Jaringan

Assalamualaikum Wr. Wb.

Pada postingan saya kali ini saya akan membahas tentang troubleshooting.

A. Pengertian

Troubleshooting adalah pencarian sumber masalah yang dilakukan secara sistematis lalu mencari jalan keluar serta menyelesaikan masalah tersebut. Troubleshooting dalam jaringan yaitu dengan cara menggunakan panca indra dan bisa juga menggunakan software.

B. Latar Belakang

Dalam membangun sebuah jaringan tentu akan terjadi masalah baik masalah yang kecil dan masalah yang besar, untuk memecahkan masalah tersebut kita perlu melakukan troubleshooting.

C. Maksud dan Tujuan

Bertujuan untuk menyelesaikan masalah dengan cara sistematik.

D. Pembahasan

Troubleshooting

Dalam Jaringan cara troubleshooting dapat menggunakan 2 metode yaitu dengan menggunakan Panca indera dan Software.

Menggunakan Panca Indera

1. Penglihatan

Pada troubleshooting ini kita mengandalkan penglihatan seperti kabel yang terkelupas, port yang terlepas,dll. Setelah kita mengetahui permasalahanya, maka masalah dapat diatasi.

2. Penciuman

Jika ini kita mengandalkan hidung untuk mengetahui masalahnya. seperti bau gosong ketika kabel ada yang terbakar

3. Peraba

Dengan meraba kita dapat mengetahui permasalahan dalam jaringan, contohnya kita dapat meraba tekstur dari perangkat. jika ada yang berbeda dari perangkat tersebut kita dapat mengetahui permasalahnya.

4. Pendengaran

Jika pendengaran kita dapat mendengarkan suara dari perangkat, jika suaranya besar atau kasar maka kemungkinan besar perangkat tersebut bermasalah.

Menggunakan Bantuan software

1. ipconfig

Troubleshooting

Perintah yang digunakan untuk melihat konfigurasi pada komputer jika dalam linux perintahnya "ifconfig".

2. Ping

Troubleshooting

Ping adalah utilitas perangkat lunak administrasi jaringan komputer yang digunakan untuk menguji jangkauan host pada jaringan Protokol Internet (IP). Ini mengukur waktu pulang-pergi untuk pesan yang dikirim dari host asal ke komputer tujuan yang digemakan kembali ke sumbernya.

3. Netstat

Troubleshooting

netstat (statistik jaringan) adalah alat utilitas jaringan baris perintah yang menampilkan koneksi jaringan untuk Transmission Control Protocol (keduanya masuk dan keluar), tabel routing, dan sejumlah antarmuka jaringan (network interface controller atau antarmuka jaringan yang didefinisikan perangkat lunak)

4. Tracert

Troubleshooting

Perintah ini digunakan untuk melihat jalur yang dilalui data untuk mencapai destination. untuk cara ini kita bisa melihat jika jaringan terputus.

5. NSloockup

Troubleshooting
Nsloockup digunakan untuk mengetahui alamat ip dari sebuah nama domain. nsloockup digunakan untuk diagnosa pada masalah dns.

E. Kesimpulan

Jadi trouble shooting pada jaringan memiliki banyak cara atau metode untuk mengetahui masalahnya.

Sekian artikel yang dapat saya bagikan jika ada yang kurang jelas silahkan bertanya di komentar.
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url