Perbedaan Single mode dengan Multimode pada kabel fiber optik

Assalamualaikum Wr. Wb.

A. Pengertian

Fiber Optik adalah media transmisi yang terbuat dari serat kaca dan plastik yang menggunakan bias cahaya dalam mentransmisikan data. Sumber cahaya yang digunakan adalah laser karena mempunyai spectrum yang sangat sempit.

B. Latar Belakang

Seiring perkembangan teknologi jaringan di Dunia. media transmisi berupa Fiber Optik menggunakan bahan dasar kaca dengan kecepatan transfer secepat cahaya banyak digunakan dalam instalasi jaringan yang besar.

C. Maksud dan Tujuan

Membedakan Single mode dengan multimode pada kabel Fiber Optik

D. Pembahasan

Fiber Optik


1. Single Mode

Dilihat dari faktor properti sistem transmisinya, single mode adalah sebuah sistem transmisi data berwujud cahaya yang didalamnya hanya terdapat satu buah indeks sinar tanpa terpantul yang merambat sepanjang media tersebut dibentang.

dilihat dari segi strukturalnya merupakan teknologi fiber optik yang bekerja menggunakan inti (core) serat fiber yang berukuran sangat kecil yang diameternya berkisar 8 sampai 10 mikrometer. Dengan ukuran core fiber yang sedemikian kecil, sinar yang mampu dilewatkannya hanyalah satu mode sinar saja

Single mode dapat membawa data dengan bandwidth yang lebih besar dibandingkan dengan multi mode fiber optik, tetapi teknologi ini membutuhkan sumber cahaya dengan lebar spektral yang sangat kecil pula dan ini berarti sebuah sistem yang mahal.

2. Multi Mode

Dilihat dari faktor properti sistem transmisinya, multi mode fiber optic merupakan teknologi transmisi data melalui media serat optik dengan menggunakan beberapa buah indeks cahaya di dalamya. Cahaya yang dibawanya tersebut akan mengalami pemantulan berkali-kali hingga sampai di tujuan akhirnya.Sinyal cahaya dalam teknologi Multi mode fiber optic dapat dihasilkan hingga 100 mode cahaya. Banyaknya mode yang dapat dihasilkan oleh teknologi ini bergantung dari besar kecilnya ukuran core fiber-nya dan sebuah parameter yang diberi nama Numerical Aperture (NA).

Dilihat dari faktor strukturalnya, teknologi Multi mode ini merupakan teknologi fiber optikyang menggunakan ukuran core yang cukup besar dibandingkan dengan single mode. Ukuran core kabel Multi mode secara umum adalah berkisar antara 50 sampai dengan 100 mikrometer.

E. Kesimpulan

Jadi Perbedaan antara single mode dengan multi mode adalah dalam transmisinya jika multi mode di terpantulkan sedangkan single mode langsung ditransmisikan karena sangat sempit.

Sekian perbedaan antara single mode dengan multi mode, jika ada pertanyaan silahkan bertanya dikomentar. Anda bisa request materi atau tutorial di ig @nandaelang follow ya

Wassalamualaikum Wr. Wb.
Next Post Previous Post
4 Comments
  • Shikamaru Nara
    Shikamaru Nara 18 Juni 2019 16.13

    Oke banget nih artikel
    solder uap

  • Unknown
    Unknown 9 Maret 2020 08.59

    mntp gan

  • bobscript
    bobscript 27 Maret 2020 20.40

    Alhamdulillah makasih ilmunya sangat bermanfaat, izin save ya

  • Unknown
    Unknown 30 Maret 2020 10.44

    mantul mas

Add Comment
comment url