Perbedaan KDE dengan GNOME

Assalamualaikum Wr. Wb.

Postingan saya kali ini saya akan membahas perbedaan Desktop KDE dengan GNOME.

A. Pengertian

Desktop Enviroment adalah Suatu tampilan GUI (Graphical User Interface) yang digunakan dalam desktop si pinguin (linux). Desktop Enviroment juga digunakan sebagai pengganti dari tampilan CLI (Command Line Interface)

B. Latar Belakang

Dalam Desktop Enviroment pada linux terdapat berbagai jenis, salah satunya adalah KDE dengan GNOME. Untuk Perbedaan yang lebih jelasnya silahkan simak di bawah.

C. Maksud dan Tujuan

Membedakan tampilan KDE dengan GNOME.

D. Pembahasan

1. GNOME

GNOME
GNOME adalah lingkungan desktop Linux yang paling populer, dan yang paling mungkin diketahui oleh pengguna Ubuntu. Ini cukup rendah pada sumber daya sistem dan sangat mudah digunakan, jadi sangat bagus untuk pengguna baru Linux - terutama yang tidak super tech-savvy. Tentu saja, bukan berarti pengguna tingkat lanjut tidak akan mencintai GNOME. 

GNOME


GNOME memiliki beberapa pengaturan lanjutan yang memungkinkan Anda mengkonfigurasi lingkungan sesuai dengan keinginan Anda. Sementara saya enggan membandingkan antar muka dengan sistem operasi lain, karena ini cukup unik, saya harus mengatakan kombinasi antara menu bar di bagian atas dan taskbar di bagian bawah membuat antarmuka sedikit lebih mirip Mac daripada Windows. -seperti (terutama jika Anda menggunakan antarmuka Unity Ubuntu yang baru).

2. KDE

KDE
KDE sedikit lebih banyak sumber daya daripada GNOME, dan juga sedikit lebih kompleks. Alih-alih bertujuan untuk menciptakan antarmuka yang mudah digunakan, ini lebih tentang selalu berkembang dan menambahkan banyak fungsi, entah itu untuk pemula atau lebih hardcore geeks. 

KDE

KDE mungkin lingkungan yang terbaik, dan memiliki desktop berbasis widget yang sangat keren yang dibangun di lingkungan. Menu-menunya diatur sangat mirip Windows, dengan satu menu utama terletak di pojok kiri bawah taskbar tempat Anda meluncurkan aplikasi dan pengaturan tampilan. KDE sebenarnya memiliki satu ton pilihan konfigurasi yang berbeda yang tersedia dari menu ini, tapi cukup sulit dinavigasi, biarpun Anda merasa nyaman dengan komputer dan Linux pada umumnya (terutama bila pengaturannya adalah bagian dari widget desktop, yang juga mengelola semua hal yang Anda lihat di taskbar). 

Ada begitu banyak panel preferensi dan pengaturan yang berbeda yang dapat dibutuhkan beberapa saat untuk mengetahui di mana pengaturan yang ingin Anda tweak berada. Ini juga memiliki beberapa karakteristik yang akan membingungkan pengguna baru-seperti fakta bahwa menyeret dan menjatuhkan file selalu menghasilkannya sehingga menanyakan apakah Anda ingin memindahkan file atau menyalin file-yang sepertinya tidak dapat Anda ubah. Jika Anda adalah pengguna tingkat lanjut yang mencari banyak opsi konfigurasi, KDE adalah pilihan tepat - tahu bahwa akan ada kurva belajar, bahkan jika Anda cukup mengerti teknologi.

E. Kesimpulan

Jadi KDE lebih unggul dalam grafis tetapi GNOME unggul dalam pengoprasian karena GNOME hanya membutuhkan sedikit memori dibandingkan KDE.

Sekian Artikel yang dapat saya bagi, jika ada ang kurang jelas silahkan bertanya di komentar.

Wassalamualaikum Wr. Wb. 
Next Post Previous Post
1 Comments
  • LOVELYZ TRILOGY
    LOVELYZ TRILOGY August 27, 2019 at 4:06 PM

    ok min, makasih banyak sudah share
    isolasi hp

Add Comment
comment url