Macam Macam Social Engineering, Ancaman pada jaringan internet

Assalamualaikum Wr. Wb.

Hai, Pada postingan saya kali ini saya akan menjelaskan tentang social engineering yang merugikan pengguna internet yang lain.

A. Pengertian

Dalam konteks keamanan komputer dan jaringan, rekayasa sosial mengacu pada kumpulan teknik yang digunakan untuk menipu pengguna internet agar melakukan tindakan tertentu atau mengungkapkan informasi rahasia. Dengan didapatkanya informasi penting tersebut, dia yang mengambil informasi tersebut akan memjual atau menyalahgunakan informasi tersebut.

B. Latar Belakang

Pada jaman sekarang ini, Internet telah menuju kesuluruh negara dan dalam penggunaanya ada yang menggunakan dengan bijak dan ada juga yang menggunakanya dengan tidak baik atau merugikan orang lain.

C. Maksud dan Tujuan

Memberitahukan tentang ancaman dari jaringan internet, agar kita dapat menghindarinya.

D. Pembahasan

Social Engineering
Internet yang semakin mendunia dan jaringanya juga semakin banyak. memiliki dampak positif dan negatif. dampak positifnya jika internet dipergunakan dengan benar dan dampak negatifnya jika digunakan untuk kejahatan yang merugikan orang lain.

Kali ini saya akan membahas tentang Social Engineering, apa itu social engineering?
Social Engineering adalah rekayasa sosial yang menggunakan berbagai teknik atau metode yang digunakan untuk menipu orang yang menggunakan internet agar memberikan data rahasia dia. dan data tersebut akan disalah gunakan oleh orang yang tidak bertanggung jawab.

Macam-macam Social Engineering

1. Pretexting

Pretexting


Pretexting adalah praktek kebohongan yang telah direncanakan dengan matang, Teknik ini biasanaya dilakukan dengan berpura-pura menjadi pihak dari perusahaan yang sedang meminta identitas korban yang tanpa korban sadari bahwa yang meminta data tersebut bukan pegawai dari perusahaan aslinya.

2. Phising


Phising adalah suatu metode yang digunakan oleh hacker untuk mendapatkan user dan password dengan cara fake login atau login palsu yaitu dengan cara mengelabui korban melalui web palsu yang menterupai aslinya.

Cara kerja phising yaitu dengan cara menyebar link palsu ke berbagai situs dan jika korban men-klik link tersebut maka korban akan dialihkan ke form pendaftaran palsu yang disuruh memasukan akun si korban. jika si korban memasukan akun, maka akun si korban akan di catat di database si pembuat web phising tersebut.

3. Vishing



Vishing adalah telepon yang setara dengan phising. Hal ini digambarkan sebagai tindakan menggunakan telepon dalam upaya untuk menipu pengguna agar menyerahkan informasi pribadi yang akan digunakan untuk pencurian identitas. Scammer biasanya berpura-pura menjadi bisnis yang sah, dan membodohi korban untuk berpikir bahwa dia akan mendapatkan keuntungan.

E. Kesimpulan

Jadi dalam dunia maya yang sering kita akses terdapat kejahatan yang mungkin diantara kita belum mengetahuinya, Bentuk kejahatan dalam dunia terdapat banyak metode, oleh karena itu kita harus menghindari hal tersebut dengan cara teliti dan berhati-hati

Sekian postingan saya kali ini jika ada yang kuramg jelas silahkan bertanya dikomentar.

Wassalamualaikum Wr. Wb.
Next Post Previous Post
1 Comments
  • Indra Aditya
    Indra Aditya 18 Maret 2019 11.39

    jangan lupa mampir ke postingan saya hehe... Hati-hati Kejahatan Cyber Dengan Teknik Social Engineering.

Add Comment
comment url