Konfigurasi VPN beserta gambar

Assalamualaikum Wr. Wb.

Kali ini saya akan memberikan tutorial tentang cara mengkonfigurasi VPN di mikrotik yang digunakan untuk meremote mikrotik dari jarek jauh.

A. Pengertian
VPN adalah suatu protocol yang hampir sama dengan private network yang dimana setiap komputer satu dengan komputer lainya dapat terhubung dengan menggunakan ip private. Vpn Biasa digunakan  untuk menghubungkan antar Server dengan Client. untuk pengimplementasiannya biasa digunakan untuk menghubungkan kantor pusat dengan kantor cabangnya. Untuk Pengertian lebih jelasnya silahkan klik DISINI

B. Latar Belakang
VPN menggunkan metode Tunneling yang artinya lorong. jadi jika kita ingin menggunakan jalur vpn atau melewati lorong vpn kita perlu mengotentifikasi user yang telah dibuat terlebih dahulu. sehingga tidak semua orang bisa melewati jalur vpn. jadi VPN ini tergolong sebagai jalur yang aman karena untuk memasuki jalurnya membutuhkan autentifikasi. Selain itu VPN juga bisa digunakan untuk Remote server dari jarak jauh.

C. Maksud dan Tujuan
Konfigurasi VPN di mikrotik Untuk remoe server dari jarak jauh sehingga tidak harus menancapkan kabel di tempat ethernet yang ingin di masuki.

D. Alat dan Bahan
  • Routerboard
  • Laptop
  • Aplikasi Winvox
  • Kabel UTP
E. Waktu Pengerjaan
Sekitar 10 Menit

F. Langkah-Langkah
1. Buka Aplikasi Winbox
2.Pertama kita membuat IP pool. Klik IP - Pool. Kita tambahkan ip nya. Ip yang didapatkan untuk mengakses VPN.
VPN
3. Setelah itu kita masuk ke menu PPP - PPTP Server
VPN
4. Kita Checlist Enable lalu CHAP dan PAP kita checklist juga.
VPN
5. Kita klik di Profile lalu kita tambahkan profilnya, Local address kita isikan ip yang connect ke router lain, Remote address kita isikan ip pool yang kita buat tadi
VPN
6. Jika profil sudah dibuat kita pindah ke menu secret untuk membuat user untuk acces VPN
VPN
Lalu, Kita isikan name dan password sesuka kita. Service PPTP, Profile isikan yang kita buat tadi.
VPN
7. Jika sudah kita setting VPN yang akan digunakan untuk meremote router kita.
VPN
8. Connection type kita pilih PPTP.
VPN
9. Lalu kita isikan gateway sesuai dengan gateway router yang akan di remote dan isikan user dan password yang terlah kita buat di menu secret.
VPN
10. Seelah itu kita remote Router kita dengan cara masuk ke winbox, tab connect to kita isikan gateway mikrotik yang akan kita remote. Jika kita menggunakan VPN maka pada menu neighbors tidak terlihat router lainya.
VPN
11. Selesai

G. Kesimpulan
Jadi VPN yang saya konfigurasi, saya gunakan untuk meremote router saya dari jarak jauh, yang saya remote dari router saya yang lain.

Sekian tutorial yang dapat saya berikan, jika ada yang kurang jelas silahkan bertanya di komentar.

Wassalamualaikum Wr. Wb.
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url