Apa itu Vlan Trunking Protocol (VTP) dan Perbedaan VLAN dan VTP

Pengertian VTP, Perbedaan VLAN dan VTP - Jaringan lokal virtual atau sering disebut dengan vlan dinilai cukup membantu dalam mengatasi keterbatasan perangkat kabel. Karena pada vtp kamu tidak membutuhkan kabel lagi untuk membuat LAN. Lalu apa perbedaan vlan dan vtp, untuk lebih lengkapnya kita simak artikel berikut:

Pengertian VTP

VTP adalah protokol proprietary Cisco yang menyebarkan definisi Virtual Local Area Network (VLAN) di seluruh jaringan area lokal. Untuk melakukan ini, VTP membawa informasi VLAN ke semua switch di domain VTP.

Dengan menggunakan VTP, konfigurasi VLAN hanya perlu dilakukan di satu switch saja. Secara otomatis penambahan dan perubahan VLAN akan advertise ke switch lainnya sehingga VLAN database di semua switch akan selalu konsisten.

Tujuan dari Vtp untuk mempercepat konfigurasi karena dengan menggunakan VTP kita hanya mengkonfigurasi pada satu switch.

Vtp adalah
VTP

Pada Perangkat Cisco, VTP (VLAN Trunking Protocol) mempertahankan konsistensi konfigurasi VLAN di satu jaringan Layer 2 tunggal. VTP menggunakan frame Layer 2 untuk mengatur penambahan, penghapusan, dan penggantian nama VLAN dari switch dalam mode klien VTP. VTP bertanggung jawab untuk menyinkronkan informasi VLAN dalam domain VTP dan mengurangi kebutuhan untuk mengkonfigurasi informasi VLAN yang sama pada setiap switch sehingga meminimalkan kemungkinan inkonsistensi konfigurasi yang timbul saat terjadi perubahan.

Kelebihan VTP

  • Konsistensi konfigurasi switch
  • Distribusi dinamis vlan di seluruh jaringan
  • Konfigurasi menggunakan plug an play pada saat menambahkan vlan baru

Kekurangan VTP

  • Harus membuat VTP domain pada saat sebelum membuat Vlan baru
  • Kemungkinan hilangnya vlan pada switch besar
  • Pengaturan VTP yang tidak cocok dapat mengakibatkan masalah dalam menegosiasikan batang VLAN

Frame VTP

Karena trunk link dapat digunakan untuk mentransmisi beberapa VLAN, switch harus mengidentifikasi frame setiap VLAN pada waktu mereka dikirim atau diterima melalui trunk link. Identifikasi frame atau tagging, memberi ID yang berbeda untuk setiap frame yang melewati trunk link. ID ini dapat dianggap sebagai nomor VLAN atau “warna” VLAN, karena setiap VLAN yang digambar pada diagram jaringan mempunyai warna yang berbeda. 

Identifikasi frame VLAN dikembangkan untuk jaringan switch. Pada waktu setiap frame melewati trunk link, suatu pengenal ditambahkan dalam kepala frame. Pada waktu switch yang dilalui menerima frame ini, mereka akan memeriksa pengenalnya untuk mengetahui milik siapa frame tersebut.  

VTP Domain

Tujuan utama VTP adalah untuk menyediakan fasilitas sehingga switch Cisco dapat diatur sebagai sebagai suatu grup. Sebagai contoh, jika VTP dijalankan pada semua switch Cisco Anda, pembuatan VLAN baru pada satu switch akan menyebabkan VLAN tersebut tersedia pada semua switch yang terdapat VTP management domain yang sama.

VTP management domain merupakan sekelompok switch yang berbagi informasi VTP. Suatu switch hanya dapat menjadi bagian dari satu VTP management domain, dan secara default tidak menjadi bagian dari VTP management domain manapun.

Dari sini dapat kita lihat mengapa VTP sangat menguntungkan. Bayangkanlah suatu lingkungan di mana administrator jaringan harus mengatur 20 switch atau lebih. Tanpa VTP, untuk membuat VLAN baru administrator harus melakukannya pada semuanya switch yang diperlukan secara individu. Namun dengan VTP, administrator dapat membuat VLAN tersebut sekali dan VTP secara otomatis akan menyebarkan (advertise) informasi tersebut ke semua switch yang berada di dalam domain yang sama.

Jadi VTP adalah protocol yang digunakan untuk mengkonfigurasi switch dengan cepat.

Perbedaan VLAN dan VTP

Jika kita berbicara mengenai perbedaan vlan dan vtp tentunya sangat berbeda sekali. karena vlan merupakan suatu model jaringan sedangkan vtp merupakan suatu metode jaringan. Itu adalah perbedaan vlan dan vtp secara garis besarnya.

Vlan adalah suatu model jaringan yang digunakan untuk menghubungkan antar perangkat yang tidak terbatas oleh lokasi fisik seperti local area network pada umumnya.

VTP adalah suatu metode atau cara untuk menghubungkan jaringan yang menggunakan metode vlan. VTP ini merupakan protocol yang dimiliki oleh cicso yang fungsinya untuk membuat jalur khusus agar kedua perangkat bisa berkomunikasi dengan aman dan tanpa gangguan.

Sekian artikel yang dapat Eltekno sampaikan, semoga bermanfaat. Jika ada yang kurang jelas silahkan bertanya di komentar.
Next Post Previous Post
4 Comments
  • Unknown
    Unknown 16 Oktober 2019 11.36

    Keren

    • Nanda Elang
      Nanda Elang 11 Mei 2022 14.45

      Terima kasih banyak

  • Unknown
    Unknown 16 Oktober 2019 11.37

    infonya sangat bermanfaat buat saya x-)

    • Nanda Elang
      Nanda Elang 11 Mei 2022 14.46

      terima kasih ya

Add Comment
comment url