Apa itu vlan dan Fungsinya

Assalamualaikum Wr. Wb.

Kali ini saya akan berbagi tentang vlan. Apa itu vlan ? kegunaanya untuk apa? dan apa keuntungannya menggunakan vlan?

A. Pengertian
Vlan (Virtual Local Area Network) adalah sekelompok perangkat yang terdapat pada satu kabel lan yang memiliki beberapa network yang berbeda yang dihubungkan dalam satu kabel. Vlan juga dapat diartikan sebagai suatu model jaringan yang tidak terbatas pada lokasi fisik seperti lan. karena vlan bersifat virtual yang tidak dapat dilihat secara fisik. Vlan juga dapat diibaratkan sebagai kabel yang terdapat di dalam kabel lan.

B. Latar Belakang
Dalam era sekarang, Jaringan komputer mengalami perkembangna yang sangat pesat, perkembangan itu terdapat pada software, dan hardware, oleh karena itu brainware juga harus perkembang agar tidak tertinggal dengan perkembangan software maupun hardware. Seiring dengan semakin tingginya tingkat kebutuhan dan semakin banyaknya pengguna jaringan yangmenginginkan suatu bentuk jaringan yang dapat memberikan hasil maksimal baik dari segi efisiensi maupun peningkatan keamanan jaringan itu sendiri.
Berlandaskan pada keinginan-keinginan tersebut, maka upaya-upaya penyempurnaan
terus dilakukan oleh berbagai pihak. Dengan memanfaatkan berbagai tekhnik
khususnya teknik subnetting dan penggunaan hardware yang lebih baik
(antara lain switch) maka muncullah konsep Virtual Local Area Network (VLAN)
yang diharapkan dapat memberikan hasil yang lebih baik dibanding
Local area Network (LAN).

C. Maksud dan Tujuan
 Vlan memiliki banyak kegunaan salah satunya adalah untuk menghubungkan virtual machine dengan perangkat router agar bisa diremote oleh adminnya.

D. Pembahasan

Cara Kerja
VLAN diklasifikasikan berdasarkan metode (tipe) yang digunakan untuk mengklasifikasikannya, baik itu menggunakan port, MAC address, dsb. Semua informasi yang mengandung penandaan/pengalamatan suatu VLAN (tagging) disimpan pada suatu database, jika penandaannya berdasarkan port yang digunakan maka database harus mengindikasi port-port yang digunakan VLAN.
 Vlan Digunakan untuk meminimalisir  terjadinya konflik ip yang terlalu banyak,dan mencegah terjadinya tabrakan domain.

Kelebihan menggunakan Vlan
1. Keamanan yang tinggi
Administrator akan dapat memiliki kontrol ternhadap setiap port dan user dengan cara membuat VLAN dan menciptakan banyak kelompok broadcast, dengan demikian user tidak akan bisa lagi dengan leluasa untuk menghubungkan work station mereka ke sembarang port pada swich dan memperoleh akses ke sumber daya network.
 2. Biaya yang dibutuhkan sedikit
Kita dapat menghemat biaya karena vlan hanya menggunakan satu kabel lan yang kabelnya tersebut dapat menjadi media perantara jaringan yang berbeda subnet.
3. Peningkatan Kinerja Pekerja IT
Dengan VLAN pengelolaan jaringan lebih mudah, karena user-user dengan kebutuhan jaringan yang sama berbagi VLAN yang sama.

Kekurangan menggunakan Vlan
1. Ketika mengunakan broadcast semua end devices menerima data
2. Jika Jumlah host banyak maka jumlah DHCP akan berantakan

E. Kesimpulan
Jadi Vlan digunakan untuk membuat sambungan lan secara virtual yang haya menggunakan satu kabel dan bisa menghubungkan banyak subnet yang berbeda.

Sekian Pembahasan saya tentang Vlan, Jika ada yang kurang jelas silahkan bertanya di komentar.

Wassalamualaikum Wr. Wb.
Next Post Previous Post
1 Comments
  • Shikamaru Nara
    Shikamaru Nara August 13, 2019 at 10:38 AM

    makasih sudah share
    alat pemisah lcd

Add Comment
comment url