Lapisan OSI

Assalmuaaikum Wr. Wb

     Kali ini saya akan memposting tentang lapisan osi pada komputer.

1. Pengertian
     Lapisan OSI (Open System Interconnection) adalah sebuah model referensi arsitektur antar muka jaringan yang dikembangkan oleh ISO yang kemudian menjadi standart komunikasi jaringan.
2. Latar Belakang
      Lapisan Osi sangat penting dalam membangun jaringan, maka lapisan osi harus dikuasai oleh setiap pembangun jaringan.

3. Tujuan
      Berbagi pengetahuan tentang 7 lapisan Osi

4. Pembahasan
a. Physical Layer
        Lapisan ke-1 ini berfungsi untuk mendefinisikan media transmisi jaringan, metode pensinyalan, sinkronisasi bit, arsitektur jaringan (seperti halnya Ethernet atau Token Ring), topologi jaringan dan pengabelan.

b. Data link Layer
          Lapisan ke-2 ini berfungsi untuk menentukan bagaimana bit-bit data dikelompokkan menjadi format yang disebut sebagai frame. dalam layer ini terdapat Mac Addres dan Switch

c. Network Layer
          Lapisan ke-3 ini berfungsi untuk mendefinisikan alamat ip, membuat header untuk paket-paket kemudian melakukan routing melalui internet working dengan menggunakan router dan switch layer 3. Switch yang digunakan adalah switch crs yang dibuat oeh mikrotik, dalam lapisan ini terdapat subnetting.

d. Transport Layer
          Lapisan ke-4 ini berfungsi untuk memecah data ke dalam paket-paket data serta memberikan nomor urut ke paket-paket tersebut sehingga dapat disusun kembali pada sisi tujuan setelah diterima. Dalam lapisan ini terdapat lapisan TCP dan UDP yang akan saya jelaskan perbedaannya di postingan saya selanjutnya.

e. Session Layer
         Lapisan ke-5 ini berfungsi
mendefinisikan bagaimana koneksi dapat di buat, dipelihara atau di hancurkan,di lapisan ini terdapat domain resolve yang mengkonversi ip menjadi sebuah nama. Lapisan ini juga bertanggung jawab untuk menjaga koneksi.

f. Presentation Layer
        Lapisan ke-6 ini berfungsi untuk mentranslasikan data yang hendak ditransmisikan oleh aplikasi kedalam format yang dapat ditransmisikan melalui jaringan. Dalam apisan ini terdapat enkripsi, deskripsi, dan mime. Enkripsi adalah merubah tulisan menjadi simbol seperti memasukan password, Deskripsi adalah tulisan yang diihitkan seperti tulisan yang kita tulis, mime adalah pengiriman dengan menggunakan bahasa ASCI.

g. Aplication Layer
        Lapisan ke-7 ini berfungsi untuk antarmuka/interface yang mengatur bagaimana aplikasi dapat mengakses jaringan, dan kemudian membuat pesan-pesan kesalahan. Protokol yang berada dalam layer ini adalah HTTP, FTP, SMTP, dan NFS. 


Jika ada yang kurang atau ingin bertanya silahkan tulis di kolom komentar .
Wassaamualaikum Wr. Wb.
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url