Cara Kerja Jaringan Wifi

Assalamualaikum Wr. Wb.

Kali ini saya akan memposting tentang jaringan wifi.

A. Pengertian

Wifi adalah cara atau metode bertukar data yang canggih dengan menggunakan gelombang radio atau tanpa kabel (wireless). Dalam penyebaran sinyalnya pengguna dibatasi oleh jarak penyebaran sinyal, luas atau tidaknya persebaran sinyal tergantung pada peragkat yang digunbakan untuk memancarkan.

B. Latar Belakang

Pada zaman sekarang ini internet sudah menjadi kebutuhan pokok, dan cara memperoleh jarngan tersebut bisa juga dengan cara menggunakan wifi.

C. Maksud dan Tujuan

Wifi digunakan untuk menyebarkan koneksi internet dengan menggunakan media perantara yaitu gelombang radio.

D. Pembahasan

Wifi

Untuk cara kerjanya seperti pada gambar yang diatas. Wifi bekerja dengan menggunakan gelombang radio, untuk menggunakan wifi pada perangkat end device harus mempunyai adapter wireless yang terhubung dengan wifi. Untuk gambar diatas saya mengibaratkan end device nya adalah komputer. end device itu perangkat terakhir dalam suatu jaringan.

Wifi
Sebagai contoh diatas saya menggunakan wireless router, selain wireless router kita juga bisa menggunakan acces point. untuk cara kerjanya yaitu wireless router yang memiliki area yang dapat diakses internet yang berupa gelombang radio. Lalu end device (komputer) mengirimkan sinyal ke router melalui gelombang radio yang berisi kode. dan kode tersebut diterjemahkan oleh router.
Wifi
Setelah data diterjemahkan, router mengirim data tersebut ke internet dengan memanfaatkan koneksi dari ethernet. jadi pada proses ini router berfungsi sebagai decoder yang menerjemahkan kode. lalu mengirim ke internet.
Wifi
Lalu internet yang telah melayani keinginan dari end device mengirimkan data dalam bentuk kode ke end device melalui perantara ethernet yang terhubung dalam wireless router lalu data tersebut dikirimkan dari wireless router ke end device melalui media perantara wireless. sehingga data dapat diterima oleh end device.

E. Kesimpulan

Jadi wifi digunakan untuk mengakses internet yang menggunakan media perantara wireless

sekian pengetahuan saya tentang cara kera jaringan wifi, jika ada yang kurang jelas silahkan ditantyakan di kolom komentar.

Wasslamuaaikum Wr. Wb.
Next Post Previous Post
2 Comments
  • fachriaci
    fachriaci 27 Mei 2020 pukul 17.08

    sangat membantu...

    • Nanda Elang
      Nanda Elang 11 Mei 2022 pukul 14.43

      terima kasih banyak

Add Comment
comment url