Cara Kerja ARP Table

Assalamualaikum Wr. Wb.

Kali ini saya akan memposting tentang cara kerja arp table yang mendapatan ip dari komputer

A. Pengertian

ARP adalah  Protocol yang digunakan untuk memetakan ip address dengan mac (Media Acces Control ) Address. Arp digunakan untuk menghubungkan Layer 2 (Data Link ) dengan layer 3 (Network)

B. Latar Belakang

Arp sangat diperlukan karena dapat memudahkan router dalam mengirimkan data karena alamatnya sudah tercatat dalam arp table.

C. Maksud dan Tujuan

Agar mengetahui cara kerja arp.

D. Pembahasan

Untuk mapping ip address dengan ehernet yang terhubung maka diperlukan protocol ARP (Address Resolution Protocol). Proses mapping dilakukan untuk datagram yang dikirimkan ke host karena pada saat inilah host menambahkan header ethernet pada datagram. Menerjemahkan ip address ke alamat ethernet agar mudah dalam pengiriman biasa disebut dengan cache table.

Untuk cara kerjanya silahkan disimak dibawah ini
Cara kerjanya kita misalkan pendatang baru belum tercatat mac address nya dalam tabel arp. kita misalkan ip pendatang baru 10.10.10.40 sebagai host 4. nah, host 1 membroadcast packet data yang berisi ip 10.10.10.40 kepada seluruh host tetapi tidak pada dirinmya sendiri sendiri.
Karena Host 4 (pendatang baru) merasa paketnya kepada dirinya maka host 4 me-reply atau membalas packet tadi dengan mengirim packet yang berisi mac address host 4 kepada host 1, dan host 2 dan 3 hanya men-drop packet tersebut karena packet tersebut bukan miliknya. pada saat host 4 mengirim packet kepada host 1 switch mencatat mac address host 4. agar jika ada yang mengirim ke host 4 switch dapat menunjukkan jalan sehingga pengirim tidak perlu membroadcast lagi.

E. Kesimpulan

Jadi arp table digunakan untuk pemetaan ip address dan mac address agar pengiriman data dapat berjalan dengan cepat tanpa membroadcast.

Sekian pengetahuan saya tentang cara kerja arp table. jika ada yang kurang jelas silahkan bertanya dikolom komentar.

Wassalamualaikum Wr. Wb.
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url